Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/10/2018, 15:21 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Ada berbagai macam ketakutan yang dimiliki oleh orang. Ada yang takut pada laba-laba, takut ketinggian, takut ruang sempit, bahkan takut naik pesawat.

Ketakutan berasal dari konsep pikiran kita tentang suatu hal. Rasa takut yang berlebihan dapat menghambat keberlangsungan hidup kita. Oleh sebab itu, ketakutan harus diatasi.

Kuncinya adalah dengan mengetahui jenis ketakutan yang kita miliki, apa yang memicu ketakutan tersebut di masa lalu, dan belajar bagaimana melawannya.

Pernahkah kamu mengalami rasa takut ketika akan naik pesawat? Takut terbang adalah ketakutan yang paling umum, hampir semua orang mengalami ketakutan pada pengalaman terbang pertama kalinya. Bahkan ada juga yang mengalaminya setiap kali akan naik pesawat.

Setiap orang mengalami tingkat ketakutan saat terbang yang berbeda-beda, sehingga ada beberapa orang yang mengatasinya dengan cara mengonsumsi alkohol dan obat penenang selama perjalanan udara. Adakah cara lain untuk mengatasinya?

Baca juga: 7 Kiat Berpakaian di Pesawat Demi Keselamatan dan Kesehatan

Apa yang menyebabkan munculnya rasa takut ketika terbang?

Beberapa orang memiliki banyak kecemasan dalam hidupnya. Ketika akan naik pesawat, sudah banyak pikiran-pikiran yang melintas, seperti takut jika pesawat mengalami masalah di tengah perjalanan, takut pesawat jatuh, atau terjadi kecelakaan lain.

Pada kasus tertentu, ditemukan juga yang mengalami penyesalan dan kebingungan ketika mereka berhasil melalui penerbangan tanpa hambatan.

Kita harus mengetahui jenis ketakutan tersebut, apakah ketakutan tersebut hanya muncul sesaat, atau muncul sepanjang penerbangan.

Jika kemunculan tersebut berulang, mungkin kamu mengalami fobia. Kondisi tersebut termasuk salah satu tipe dari gangguan kecemasan.

Fobia juga bisa merupakan respon emosional yang disebabkan oleh pemicunya. Contohnya, ketika kamu memiliki ketakutan yang tidak masuk akal terhadap air, ketakutan tersebut bisa berupa respon pengalaman seseorang tenggelam di masa lalu. Rasa takut terbang juga bisa disebabkan oleh fobia di masa lalu.

Baca juga: Takut Naik Pesawat, Masih Wajar Atau Sudah Fobia? Ini Bedanya

Langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mengatasi takut naik pesawat?

Kita bisa mengatasi ketakutan tersebut tanpa mengonsumsi obat penenang atau alkohol dengan beberapa cara berikut ini:

1. Menemukan pemicunya

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pemicu adalah kunci untuk menyembuhkan rasa takut kita. Carilahi pemicu tertentu, sehingga kita bisa mengelola rasa takut. Sebab, untuk menyembuhkan suatu kondisi, kita harus menyembuhkan penyebabnya.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com