Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/11/2018, 15:07 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Ternyata olahraga bisa bikin bahagia dan senang lho! Ya, olahraga rutin bisa jadi salah satu solusi untuk meningkatkan mood dan memperbaiki suasana hati. Dengan olahraga, kita lebih bisa meredam dan mengelola emosi.

Ketika berolahraga, otak akan melepaskan endorfin, adrenalin, serotonin, dan dopamin. Semua bahan kimia otak ini akan bekerja sama untuk membuat tubuh merasa lebih baik, sehingga kita akan merasa lebih tenang, nyaman, dan bahagia.

Sebenarnya semua olahraga bisa membuat kita lebih gembira. Namun 5 olahraga ini diyakini bisa lebih cepat memperbaiki suasana hati:

1. Yoga

Ilustrasi yoga asana ashtavakrasanaKarinaUvarova Ilustrasi yoga asana ashtavakrasana
Yoga adalah olahraga yang fokus pada peregangan, pernapasan dan gerakan halus yang dilakukan sambil melepaskan emosi negatif. Yoga membantu menenangkan dan mengistirahatkan pikiran sembari menggerakan tubuh.

Melalui gerakan dan cara bernapas yang teratur dalam gerakan yoga, secara alami yoga akan mencairkan suasana hati dan membiarkan kekhawatiran yang kamu rasakan semakin berkurang.

Menurut Norman E Rosenthal, MD seorang dosen psikiatri di Georgetown University School of Medicine di Washington, yoga memiliki efek antidepresan yang luar biasa karena olahraga ini bukan hanya meningkatkan kelenturan tetapi juga meningkatkan kesadaran sehingga bisa mengurangi pikiran negatif.

Baca juga: 3 Manfaat Yoga Berdasarkan Penelitian

2. Jalan santai

Ilustrasi jalan kakiDragonImages Ilustrasi jalan kaki
Jika kamu memiliki banyak masalah, cara paling sederhana untuk mengatasi ini adalah dengan jalan-jalan. Tentunya jalan-jalan dengan arti sesungguhnya bukan naik mobil atau motor, ya.

Berjalan merupakan kategori aktivitas fisik tingkat sedang yang bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Berjalan hanya beberapa menit dapat menenangkan saraf-saraf yang pada akhirnya meningkatkan mood lebih baik, terutama jika berjalan di luar ruangan.

Berjalan juga mampu menurunkan tingkat stres, menurunkan kecemasan, bahkan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jika ingin menenangkan diri sendiri, kamu bisa berjalan sendiri. Namun jika merasa terlalu sepi, ajak teman untuk berjalan-jalan selama beberapa menit sambil bercengkrama sepanjang jalan.

Baca juga: Ingin Hidup Lebih Lama? Cobalah Rutin Jalan Kaki

3. Tai chi

Ilustrasi tai chimiya227 Ilustrasi tai chi
Jika sedang bete, kembalikan mood dengan memulihkan energi positif. Taichi adalah salah satu olahraga yang dapat mengubah fokus pikiran sekaligus menyegarkan tubuh.

Dilansir dalam laman Livestrong, Taichi juga dapat meningkatkan kualitas tidur, menurunkan tingkat stres dan meningkatkan ketenangan. Semua manfaatnya ini dapat membantu meningkatkan mood yang sedang kacau.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com