Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/11/2018, 12:31 WIB
Putra Prima Perdana,
Wisnubrata

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sepertinya ketagihan membuat desain batik. Setelah sebelumnya pria yang akrab disapa Emil ini mendesain batik yang diberi nama Garuda Kujang Kencana, kali ini Emil membuat desain batik yang cukup nyentrik.

Dalam akun instagramnya @ridwankamil pada Kamis (22/11/2018), Emil memposting foto dirinya tengah mengenakan batik warna hitam berpadu dengan corak batik megamendung warna putih kuning khas Cirebon, Jawa Barat. 

Senjata tradisional Jawa Barat, kujang, sepertinya kembali ikut ambil bagian dalam desain batik ini. Delapan gambar kujang dibuat seperti semburat sinar matahari. Di tengahnya lingkaran kujang terdapat dua lingkaran bertumpuk warna putih dan orange.

Kalau ditelisik lebih jelas memang dua lingkaran bertumpuk itu mirip dengan ‘telor ceplok’. Kemiripan itu juga diakui oleh sang desainer.

“SELAMAT PAGI. Desain batik IRONMAN ini keren enggak? Saya senang kujang, pola megamendung, tapi senang juga telor ceplok karena saya makan tiap pagi,” tulis Emil. 

Sama halnya seperti Batik Garuda Kujang Kencana yang kemudian diproduksi oleh Rumah Batik Komar, desain batik perpaduan motif megamendung, kujang dan ‘telor ceplok’ ini juga diproduksi oleh rumah batik ternama di Jawa Barat yakni Batik Trusmi.

Baca juga: Cerita di Balik Batik Garuda Kujang Kencana Karya Ridwan Kamil...

“Saya desain sendiri batik ini di kang Ibnu dari @ibnutrusmigroup Cirebon. Hatur Nuhun,” ujarnya. 

Seperti biasa, postingan Emil semacam ini langsung diserbu komentar dari warganet. Diantaranya ada yang berkomentar kalau desain batik ini mirip lambang-lambang dalam film kartun Jepang, Naruto.

“Kelak Hokage ke-7 akan memakai jubah batik seperti itu.. Uzumaki Naruto akan bangga dengannya,” tulis salah satu warganet.

Yang jelas, banyak juga warganet yang memuji penampilan Emil mengenakan batik ini.

“Keren sekali kang emil... kelihatan Ibh muda,” ujar salah satu pengikut akun @ridwankamil.

“Batik ny keren kang @ridwankamil bikin kang emil makin keceehhhh,” tulis warganet lainnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com