Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/11/2018, 10:07 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini di berbagai belahan dunia banyak pria yang sengaja mempertahankan janggutnya demi penampilan. Bahkan, para pria berjanggut memiliki status khusus, yaitu "zaddy" atau pria yang dianggap menarik dan trendi.

Sebetulnya, mengapa pria berjanggut dianggap lebih menarik?

1. Dibuktikan secara ilmiah

Setidaknya ada satu studi yang membuktikan bahwa pria berjanggut lebih diminati oleh wanita. Studi yang dipublikasikan di Journal of Evolutionary Biology pada 2016 lalu itu mengungkap bahwa 8.500 partisipan wanita heteroseksual lebih menyukai pria berjanggut.

Para wanita tersebut diberikan foto-foto pria dengan wajah tercukur bersih, pria yang belum bercukur selama lima hari, pria yang belum bercukur selama 10 hari, dan pria yang menumbuhkan rambut di wajahnya selama sebulan.

Jawaban para wanita sangat tegas: mereka lebih menyukai para pria berjanggut.

Baca juga: Dua Faktor Utama agar Jenggot Tumbuh Sempurna

2. Pria berjanggut lebat paling disukai

Jika pria berjanggut dianggap lebih menarik, pria berjanggut tebal (heavy stubble) dinilai paling menarik oleh banyak partisipan studi tersebut.

Sementara di posisi kedua adalah pria dengan janggut penuh (full beard) dan posisi ketiga adalah pria berjanggut tipis (light stubble).

Namun pada dasarnya, para wanita menyukai pria yang punya wajah tidak terlalu lembut seperti "bokong bayi".

Baca juga: Pria, Inilah 5 Tips Cara Merawat Jenggot Anda

Wak Doyok dan Alitt Susanto @shitlicious saat acara custom festival di Lippo Mal KemangKompas.com/Wisnubrata Wak Doyok dan Alitt Susanto @shitlicious saat acara custom festival di Lippo Mal Kemang
3. Alasan evolusioner

Menurut para peneliti, tipikal fitur maskulin di antaranya memiliki lekuk alis yang lebih besar, rahang tebal dan wajah yang lebih panjang. Pria dengan tanda-tanda tersebut dinilai memiliki testosteron tinggi dan membuat banyak wanita jatuh hati.

Namun, pria berjanggut cenderung dipandang lebih dewasa dan lebih dominan secara sosial.

Baca juga: Tips Agar Janggut Tumbuh Lebih Lebat dan Keren

4. Lebih dari sekadar pasangan yang hebat

Para peneliti berteori, wanita yang tertarik dengan pria berjanggut cenderung mengharapkan hubungan jangka panjang sebab ciri-ciri fisik tersebut menandakan kemampuan seorang pria yang secara sosial sukses berkompetisi dengan pria-pria lainnya.

Bahkan meskipun anggapan tersebut tidak tepat, para wanita menganggap pria berjanggut adalah figur yang seksi.

Namun, tentu saja bukan berarti semua pria berjanggut dijamin akan menjadi pasangan yang hebat. Hanya saja anggapan orang banyak mengarah ke sana.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com