Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak 4 Tips Membeli Jam Tangan Mewah Agar Tak Merugi

Kompas.com - 27/11/2018, 13:13 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

SINGAPURA, KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, memiliki jam tangan dengan spesifikasi tinggi dan tampilan yang profesional merupakan cara menunjang gaya hidup.

Biaya yang dikeluarkan memang tak sedikit. Untuk mendapatkan jam tangan terbaik mungkin kamu harus merogoh kantong belasan, puluhan juta, atau bahkan lebih.

Namun, jika kamu baru saja berniat membeli jam tangan mewah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari membeli jam tangan yang tidak tepat.

Vice President Mido Indonesia Steven Cheng berbagi tipsnya. Mulai dari memerhatikan asal negara produsen jam tangan tersebut hingga pentingnya mencari tahu layanan purnajual yang diberikan.

1. Asal dan pembuatnya

Swiss sudah sangat terkenal sebagai negara yang menjadi tolok ukur (benchmark) jam tangan berkualitas tinggi. Jadi, ketika kamu hendak membeli jam tangan, pastikan produk tersebut diproduksi di Swiss.

Apalagi jika biaya yang dikeluarkan cukup besar, tentunya kamu ingin mendapatkan jam tangan yang berkualitas, bukan?

"Secara kualitas lebih terpercaya dan kalau orang Eropa bikin cenderung lebih detail," kata Steven ketika ditemui di Marina Bay Sands, Singapura, pekan lalu.

Baca juga: Deretan Arloji Klasik yang Perlu Dikoleksi

2. Punya sejarah panjang

Ketika hendak membeli jam, lihatlah latar belakang perusahaan yang memproduksinya. Setidaknya, perusahaan tersebut sudah lebih dari 10 tahun.

Mido, misalnya, pada 2018 sudah menginjak usia ke-100.

Latar belakang atau sejarah perusahaan ini nantinya akan berkaitan dengan sejumlah hal, seperti layanan purnajual, kualitas, serta program lainnya.

"Ada merek yang sudah 15 tahun tidak ada lagi. Nanti mau "trade-in" enggak ada programnya, jam tidak bisa diservis, toko tidak menawarkan apa-apa," tuturnya.

Baca juga: Jam Tangan Rafael Nadal Lebih Mahal dari Tiga Lamborghini

3. Merek jam tangan

Saat ini, ada beragam merek jam mewah yang beredar di pasaran. Ketika kita mungkin masih bingung memilih merek yang tepat, usahakan untuk membeli jam tangan dengan merek yang memang terpercaya dalam membuat jam tangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com