Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/11/2018, 11:46 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak orang sepakat jika yoga tak hanya baik untuk kesehatan fisik. Olahraga ini juga diancang untuk mendorong relaksasi serta mengurangi stres.

Kini, para ahli juga mengklaim praktik yoga juga dapat membantu dalam peningkatan karir kita.

Dalam sebuah konferensi International Leadership Association (ILA) ke 20, para peneliti dari University of Phoenix mengklaim adanya hal identik dalam yoga dan karateristik para pemimpin yang sukses.

Karakteristik tersebut berupa perdamaian, kebenaran, dan kebijaksanaan.

Erik Bean, peneliti dari University of Phoenix, mengatakan yoga dapat membantu kita mengembangkan rasa percaya diri yang secara alami merupakan karakter yang pas untuk menjadi seorang pemimpin.

"Yoga dapat membantu memfasilitasi jenis pemikiran yang cermat dan disiplin diri," ucapnya.

Jenis pemikiran tersebut sangat diperlukan untuk membuat keputusan kepemimpinan yang sukses dan pembentukan tim, sehingga proses pemikiran yang sama dan hati-hati dapat dicapai.

Dalam yoga, kata Bean, kejujuran berarti jujur dengan diri sendiri, kemampuan, dan keterbatasan kita.

Semua itu bisa kita terapkan pada peran kepemimpinan. Sementara itu, yoga menyediakan sarana untuk menenangkan pikiran, tubuh, dan jiwa yang diperlukan untuk sukses.

Baca juga: Menemukan Jati Diri Lewat Latihan Yoga...

"Ini dapat membantu kita untuk menaruh perhatian penuh pada situasi saat ini dan tetap fokus pada tujuan karir, serta aspek lain dari kehidupan sehari-hari," ucap Dr Bean.

Kemampuan untuk sepenuhnya fokus pada situasi saat ini sama halnya dengan praktik mindfulness pada yoga.

Guru yoga bernama Nancy Gerstein mengatakan, praktik ini mengundang rasa jernih yang unik ke dalam keadaan pikiran, bahasa tubuh, dan bahkan bagaimana kita umumnya memilih untuk berkomunikasi di dunia ini.

Menurutnya, orang cerdas dan berenergi tinggi akan menarik bahasa tubuh yang terbuka secara positif untuk orang lain ke lingkungan mereka.

"Di sisi lain, seseorang dengan suasana hati yang rendah, cemas, atau mood yang buruk dapat menghancurkan kemampuan kepemimpinan dan membuat orang lain menjauh," ucapnya.

Dengan kata lain, berlatih yoga dapat mempengaruhi seluruh pola pikir baik. Tentunya, ini dapat membantu kita bisa mengontrol emosi dan seimbang dalam menjalani hidup.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com