Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2018, 12:17 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber menshealth

KOMPAS.com - Bukan rahasia lagi olahraga memang baik untuk menjaga kesehatan, kebugaran, sekaligus mempertahankan bentuk tubuh.

Namun, terkadang rasa malas kerap mendera dan membuat kita menghentikan aktivitas berolahraga.

Apalagi, ketika musim hujan disertai cuaca dingin seperti akhir-akhir ini. Motivasi merupakan kunci penting untuk mempertahankan gaya hidup aktif.

Nah, agar motivasi untuk berolahraga tak mudah luntur, berikut empat tips agar kita tak malas berolahraga.

1. Tentukan alasan untuk berolahraga

Alasan menjadi modal penting untuk tetap mempertahankan motivasi kita berolahraga. Tanpa dasar yang kuat, kita akan mudah untuk goyah melewatkan rutinitas menyehatkan ini.

Yah, tujuan yang terukur akan mempermudah kita untuk meraihnya. Untuk itu, kita perlu menetapkan dasar yang kuat agar tetap termotivasi dalam berolahraga.

Michelle Segar, ilmuwan perilaku AS, mengatakan baginya alasan terbaik untuk berolahraga adalah karena manfaatnya yang mampu mengurangi stres dan kehidupan seksual yang lebih baik.

Meski demikian alasan kita masing-masing bsia berbeda. Ada yang ingin tetap sehat, ingin meningkatkan kebugaran, mendapat tubuh yang bagus, atau agar bisa tetap beraktivitas dengan anak cucu sampai tua.

Alasan itu lebih baik merupakan sesuatu yang berkelanjutan. Artinya jika tujuan kita misalnya hanya mencapai berat tubuh tertentu, maka begitu tercapai, semangat untuk berolahraga terus bisa kendor.

Tentu saja, olahraga merupakan cara terbaik agar bentuk tubuh menjadi indah. Namun, alasan ini menurut Segar kurang mampu menjaga motivasi kita dalam berolahraga.

Ia juga mengatakan alasan seseorang untuk berolahraga harus cukup kuat, agar ketika aktivitas sehari-hari, tenggat waktu pekerjaan, dan komitmen sosial, menghalangi rutintas olahraga, kita tetap rutin melakoninya.

Baca juga: Bagaimana Cara Memulai Olahraga untuk Orang Gemuk?

2. Ajak teman

Terkadang, memiliki teman saat berolahraga bisa membuat kita lebih semangat.

Kita bukan lagi satu-satunya orang yang menganggap diri kita bertanggung jawab agar rutin berolahraga.

Halaman:
Sumber menshealth
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com