Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2018, 11:50 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber DMarge

KOMPAS.com - Punya pemimpin yang "kejam" tentu membuat suasana kerja menjadi tak nyaman. Tapi ternyata, bos yang menjengkelkan tak selamanya buruk untuk kehidupan kita.

Riset baru yang diterbitkan dalam Journal of Applied Psychology mendapati, perlakuan buruk seorang atasan tak selalu mengarah pada hal negatif. 

Mereka yang mendapatkan perilaku buruk dari atasan lebih mungkin untuk menjadi pemimpin yang baik dan menggunakan perilaku buruk yang didapatkannya sebagai pembelajaran.

Profesor UCF College of Business bernama Shannon Taylor, selaku pemimpin riset, mengatakan beberapa karyawan yang diperlakukan buruk oleh bos mereka memutuskan untuk tidak mengulangi hal yang sama pada bawahan mereka.

Mereka cenderung menjadi pemimpin yang baik bagi tim mereka.

Menurut periset, beberapa manajer yang mengalami perlakuan buruk dapat memperbaiki perilaku mereka.

Oleh karena itu, mereka tidak melakukan hal yang sama dan membuat mereka mampu menjadi pemimpin yang lebih baik.

Dalam riset ini, para peneliti memeriksa perbedaan dalam sikap dan perilaku para supervisor, baik mereka yang medapat perlakuan buruk dari atasan atau tidak.

Baca juga: Kerja 4 Hari Seminggu, Produktivitas Karyawan Meningkat

Periset juga menilai bagaimana perlakuan supervisor terhadap karyawan dengan jabatan di bawahnya.

Hasil menunjukan supervisor yang mendapat perlakuan buruk oleh atasannya, berusaha sebaik mungkin dalam memperlakukan karyawan dengan jabatan di bawahnya.

Menurut Taylor, rata-rata dari mereka menggunakan apa yang didapatkannya sebagai pelajaran untuk memperlakukan orang lain lebih baik.

"Kita dapat mengambil sikap - tidak hanya dengan melaporkan perilaku buruk, tetapi dengan secara aktif menolak gaya kepemimpinan yang kasar ini," ucapnya.

Jadi, jika suatu saat ada orang lain, entah itu bos atau sesama teman, yang memperlakukan kita dengan buruk, sebaiknya kita mengambilnya sebagai pelajaran.

Kita bisa menjadikannya sebagai pelajaran agar bisa memperlakukan orang lain dengan lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber DMarge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com