Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/12/2018, 08:55 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) merupakan salah satu momen yang ditunggu para shopper tiap tahunnya. 

Biasanya, acara akhir tahun para e-commerce tersebut memberikan potongan besar-besaran hingga penawaran menarik lainnya.

Nah, sebelum kalian benar-benar memuaskan dahaga belanja online, pastikan untuk menyiapkan sejumlah trik agar tidak dapat barang mengecewakan. Berikut tips yang bisa dilakukan saat belanja online.

1. E-commerce terpercaya

Dalam beberapa tahun terakhir pertumbuhan e-commerce di Indonesia sangat pesat. Ada ragam e-commerce yang muncul, pun tumbang secara perlahan. 

Saat Harbolnas, pastikan untuk memilih e-commerce yang terpercaya.

"Sebab e-commerce dengan tipikal tersebut biasanya memiliki sistem yang jelas mulai dari pembayaran hingga customer service," kata Country Brand Manager Shopee Indonesia, Rezky Yanuar saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Selasa (11/12/2018).

Selain itu, beberapa e-commerce juga memiliki sistem ketat soal pembayaran ke penjual. Salah satunya soal seller yang tidak akan dibayar sebelum dinilai puas oleh pembeli.

"Hal ini biasanya dilakukan untuk menjaga kepuasan konsumen," ungkap Rezky.

2. Bandingkan harga

Jika sudah mengetahui e-commerce mana, pastikan sudah tahu barang yang dibeli. Nah saat Harbolnas biasanya ada potongan harga besar-besaran. Tapi kamu juga perlu cermat dalam melihat harga. 

Sebab, tak selamanya potongan harga besar tersebut diambil dari harga sebenarnya. Bukan rahasia lagi jika ada oknum-oknum seller nakal yang menaikan harga dulu sebelum memberi diskon, sehingga terlihat seperti potongan besar. 

"Perbandingan harga itu penting, salah satunya dengan mengecek kanal atau e-commerce lain," ujar Rezky.

Baca juga: Harbolnas, Tips Agar Tidak Tertipu Saat Belanja Online

3. Memilih seller berkualitas

Nah, ketika sudah mendapatkan barang dengan harga terbaik, tak salah juga untuk melihat kualitas seller. Hampir semua e-commerce menyediakan fasilitas bintang dan review yang menjadikan penilaian terhadap seller.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com