Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknologi Terkini untuk Menjaga Nutrisi Buah dan Sayur Siap Minum

Kompas.com - 13/12/2018, 13:28 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren makanan sehat dalam beberapa waktu terakhir terus berkembang seiring dengan makin naiknya kesadaran banyak orang akan kesehatan.

Kesibukan harian yang padat membuat orang lebih memilih produk instan ketimbang mengkonsumsinya secara langsung. Untuk buah dan sayur, misalnya, dengan mengkonsumsi jus atau smoothie siap minum.

Sayangnya, banyak jus buah dan sayur dalam kemasan yang beredar ditambahkan terlalu banyak pemanis dan pengawet. Alih-alih sehat, beberapa orang justru mengalami berbagai macam penyakit. Salah satunya obesitas.

Salah satu produk jus buah dan sayuran siap minum, Re.Juve, menyadari keinginan konsumennya yang ingin tetap memenuhi kebutuhan konsumsi buah dan sayuran, tetapi  tanpa pemanis dan pengawet buatan.

Re.Juve menggunakan teknologi cold-pressed untuk mempertahankan nutrisi buah dan sayur pada produknya sekaligus membuatnya aman dikonsumsi.

"Kami ingin membuat produk yang sudah aman dikonsumsi, bisa lebih aman lagi," kata Richard Anthony, Managing Director PT Sewu Segar Primatama (produsen Re.Juve) pada acara peresmian fasilitas Cold-Pressed Juice dengan teknologi high pressure dari Re.Juve di Cikupa, Banten, Rabu (12/12/2018).

Managing Director PT Sewu Segar Primatama Richard Anthony saat memperlihatkan fasilitas Cold-Pressed Juice dengan teknologi high pressure dari Re.Juve kepada Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto di Cikupa, Banten, Rabu (12/12/2018).Dok. Re.Juve Managing Director PT Sewu Segar Primatama Richard Anthony saat memperlihatkan fasilitas Cold-Pressed Juice dengan teknologi high pressure dari Re.Juve kepada Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto di Cikupa, Banten, Rabu (12/12/2018).
Dengan proses ini, buah yang sudah dipilah, dibersihkan dan dipotong dengan proses yang cukup panjang dan higienis, kemudian di-press menggunakan mesin.

Mesin tersebut tidak menggunakan panas dan oksigen, dua unsur yang dihindari agar produk tetap segar.

Peresmian pabrik

Untuk menjaga kualitas produknya, Re.Juve meresmikan Real Cold-Pressed Facility terintegrasi dengan teknologi High-Pressure (HPP).

Metode HPP memungkinkan kandungan nutrisi tetap terjaga dan memperpanjang masa pajang produk (shelf life) hingga enam kali lebih lama tanpa bahan pengawet.

Sementara produk pada umumnya berrahan hanya sekitar 3-4 hari.

"Mesin ini adalah yang pertama di Indonesia. Secara terintegrasi pembuatan cold-press sampai HPP, itu juga perrama di Asean," ujar Richard.

Metode HPP sebetulnya sudah populer di industri makanan dan minuman segar, seperti cold-pressed juices di Amerika dan Eropa sejak 2013.

Teknologi ini mampu mematikan bakteri pada makanan dan minuman dalam kemasan tertutup melalui proses tekanan tinggi (setara 6.000 bar/87.000psi) dengan suhu dingin.

Meski begitu, jangan khawatir nutrisi dan kesegaran alami buah atau sayur di dalamnya akan hilang.

"Shelf life bisa lebih panjang lagi sehingga konsumen bisa lebih merasa aman membawanya kemana pun," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com