Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kulkas yang Jaga Kesegaran Makanan Dicari Konsumen

Kompas.com - 14/12/2018, 18:25 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Untuk mendukung gaya hidup sehat dengan rutin mengonsumsi sayur dan buah, produk kulkas yang bisa mempertahankan kualitas serta kesegaran makanan kini lebih disukai konsumen.

Kerena kesibukan, pada umumnya konsumen membeli bahan makanan dalam banyak lalu disimpan di kulkas.

"Saya termasuk orang yang selalu belanja buah dan sayuran dalam jumlah banyak karena setiap hari anak-anak harus makan buah dan sayur," kata presenter dan pemerhati gaya hidup sehat Reisa Broto Asmoro, di acara peluncuran produk Hitachi di Jakarta (12/12/2018).

Reisa mengatakan, seringkali bahan pangan yang disimpan dalam kulkas mengalami penurunan kualitas, misalnya sayuran menjadi layu dan rasa daging tidak lagi segar.

"Padahal kalau sudah layu kadar nutrisinya juga berkurang," imbuhnya.

Produsen perlengkapan rumah tangga pun kini mulai melengkapi produk kulkasnya dengan teknologi yang bisa menjaga kesegaran bahan pangan.

Menurut Product Manager PT.Hitachi Modern Sales Indonesia, Stephen Dave, produk kulkas terbaru Hitachi telah dilengkapi dengan fitur teknologi yang dapat mempertahankan kesegaran makanan lebih lama.

"Kami memiliki fitur pompa vakum untuk menyedot udara dan mengurangi oksigen sampai 20 persen, serta menjaga tekanan di dalam kompartemen sampai 0,8 atm," katanya dalam acara yang sama.

Ia menambahkan, tekanan 0,8 atm dapat menjaga kesegaran makanan dan mempertahankan nutrisinya.

"Struktur kedap udara dari kompartemen juga membatasi kelembaban di dalam dan mencegah makanan menjadi kering," katanya.

Kelebihan lain dari produk MIJ G-Series ini adalah mengurangi durasi pembekuan kristal es yang dapat mengurangi pertumbuhan kristal es sehingga rasa dan tekstur makanan tidak berubah.

"Dengan cepatnya proses pembekuan, kadar air dalam daging pun bisa dikurangi. Saat di-defrost pun tetesan airnya lebih sedikit," katanya.

Selain meluncurkan kulkas, Hitachi juga memperkenalkan dua mesin cuci terbarunya yang diklaim mampu mengatasi masalah khas rumah tangga di Indonesia yaitu tekanan air kecil.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Unveiling moment of the NEW HITACHI's Refrigerator R-G520GN X . . . . . . . . . #productlaunching2018 #refrigerator #hitachi #hitachiindonesia #UpgradeforLife

A post shared by Hitachi (@hitachiindonesia) on Dec 12, 2018 at 2:47am PST

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com