Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Pria yang Turun 47kg Karena Lakukan 4 Kebiasaan Ini

Kompas.com - 15/12/2018, 12:23 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kisah transformasi berat badan selalu menarik untuk disimak. Termasuk kisah dari seorang pengawas di Abilene Independent School District di Texas, Amerika Serikat, David Young.

Transformasi tersebut berawal pada pertengahan Januari lalu ketika salah seorang teman Young mengalami serangan jantung.

Ketika duduk di ruang tunggu rumah sakit bersama istri temannya tersebut, ia berpikir bahwa saat itu dirinya butuh perubahan.

"Saat itu aku membayangkan jika seseorang duduk di posisiku saat ini dan istri temanku itu adalah istriku," katanya.

Saat itu berat Young mencapai 320 pon atau sekitar 145,15kg. Kondisi kesehatan temannya membuat ia akhirnya sadar untuk memulai hidup sehat, bahkan tidak lagi ngobrol sambil makan burger bersama rekan-rekannya.

Young memotivasi dirinya sendiri bahwa masa-masa sulit mengubah kebiasaannya hanya akan dilalui selama beberapa bulan awal saja kemudian ia akan terbiasa.

"Aku tidak diet. Aku hanya menjalankan pola hidup secara berbeda," kata Young.

Sebelumnya, makanan seringkali menjadi penghibur stres bagi Young. Ia pun mengubah pola pikir itu.

Ketika berkonsultasi dengan dokter, ia diminta untuk menghitung kalori masuk dan keluar. Dokter menjelaskan, ketika Young mengalami kalori surplus, maka berat badan akan naik.

Namun, jika yang terjadi adalah kalori defisit atau kalori yang dibakar melebihi jumlah kalori masuk, maka ia bisa menurunkan berat badan.

Dengan bantuan dokter, Young menetapkan target 2.000 kalori per hari dan hari demi hari ia berusaha mencapai target tersebut.

10 bulan berlalu dan Young berhasil menurunkan berat badan hingga 104 pon atau sekitar 47,17kg. Beratnya kini hanya 216 pon atau sekitar 97,9kg.

Keberhasilan Young tak lepas dari perubahan gaya hidupnya menjadi lebih sehat. Ada empat kebiasaan yang biasa dilakukannya untuk bisa mencapai berat badan seperti saat ini.

1. Belajar masak

Untuk penurunan berat badan di awal, Young mengubah pola makannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com