Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Catriona Gray Pakai Gaun Merah Pada Final Miss Universe

Kompas.com - 18/12/2018, 05:05 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Miss Filipina, Catriona Gray mengenakan gaun merah berkilau pada grand final Miss Universe 2018 di Bangkok, Thailand, Senin (17/12/2018).

Gaun itu pun menjadi saksi ketika dirinya mengenakan mahkota pemenang.

Ternyata, ada alasan khusus di balik pemilihan gaun merah tersebut.

Catriona menjelaskan, ketika dirinya berusia 13 tahun, sang ibu bermimpi dirinya akan memenangkan Miss Universe sambil mengenakan gaun berwarna merah.

Setelah mimpi itu menjadi kenyataan, keduanya pun menangis terharu sambil saling bertatapan.

Di Filipina, kontes kecantikan menjadi satu ajang yang sangat populer. Masyarakat Filipina pun melompat gembira ketika Catriona dinobatkan sebagai Miss Universe 2018.

Selebrasi kemenangan termeriah dilakukan di Oas, sebuah kota di timur laut Provinsi Albay, tempat ibunda Catriona menyambut putrinya.

Presiden Filipina Rodrigo Duterte juga segera memberikan Catriona ucapan selamat sebagai perempuan keempat yang berhasil memberi gelar Miss Universe untuk Filipina.

Di Istana Presiden, Duterte memberi pernyataan bahwa prestasi Catriona membuat seluruh masyarakat Filipina bangga karena bisa membawa kecantikan Filipina ke tingkat dunia dengan semangat, keanggunan, kecerdasan, dan kekuatannya dalam menghadapi berbagai tantangan.

"Lewat kesuksesan itu, Miss Filipina telah menunjukkan kepada dunia bahwa perempuan Filipina punya kemampuan mengubah mimpi jadi kenyataan lewat semangat, usaha dan kerja keras," kata Duterte.

Adapun tema dari Miss Universe ke-67 tersebut adalah pemberdayaan perempuan. Tujuh dewan juri yang terlibat adalah perempuan, termasuk mantan pemenang kontes kecantikan, pebisnis dan desainer.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com