Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya menunjang Gaya, "Sneakers" Juga Layak untuk Investasi

Kompas.com - 18/12/2018, 15:19 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketika berpikir soal investasi, sneakers mungkin bukanlah hal pertama yang terlintas dalam pikiran kita.

Namun menurut penelitian yang baru dirilis, beberapa sneakers bisa menjadi investasi yang lebih baik daripada emas.

Riset yang dilakukan oleh MyVoucherCodes - situs web kupon, kupon, dan diskon yang berbasis di AS - menganalisis 50 pasang sepatu yang telah dirilis selama bertahun-tahun.

Menurut temuan, beberapa sepatu memiliki nilai jual kembali lebih dari 60 kali harga aslinya.

Misalnya, Nike SB Dunk Low Reese Forbes Denims, yang awalnya dijual seharga 65 dollar AS atau Rp 942 ribu pada tahun 2002, sekarang terlah bernilai lebih dari 4000 dollar AS atau Rp 57 juta.

Ada juga Yeezy 2 Red Octobers, yang dijual seharga 250 dollar AS atau Rp 3,6 juta pada tahun 2014 dan sekarang bernilai 5655 dollar AS atau Rp 81 juta.

Secara finansial, itu adalah keuntungan atas investasi yang besar. Studi ini menemukan semua merek sneakers yang terdaftar itu mengalami peningkatan nilai lebih banyak daripada emas sejak dirilis.

Beberapa analis pun telah menganggap emas sebagai investasi yang berisiko atau buruk, dan dalam lima tahun terakhir, nilainya telah berfluktuasi cukup tinggi.

"Ketika kita memikirkan suatu hal untuk investasi, kita biasanya mengasosiasikannya dengan properti atau saham," kata Anders Nilsson, juru bicara MyVoucherCodes.

Meskipun ini masih menjadi pilihan populer bagi banyak orang, kata Nilsson, menarik untuk melihat betapa menguntungkan pasar penjualan kembali produk sneakers, dengan beberapa merek meraup potensi keuntungan ribuan dolar dalam waktu singkat.

Baca juga: Uang Bisa Dicari, tapi Air Jordan I Belum Tentu Rilis 2 Kali...

Hal yang perlu dipertimbangkan

Untuk satu hal, tidak setiap sepatu kets akan memberi kita keuntungan yang luar biasa. Dan nilai penjualan kembali sneakers yang potensial tidak selalu dapat diprediksi secara akurat.

Menurut kolektor sepatu bernama Foamer Simpson, sneakers bisa menjadi investasi yang bagus, tetapi tidak semudah itu bagi orang untuk membeli sepasang sepatu lama.

"Ini sulit. Ada permainan menebak atau elemen ketidakterdugaan yang membuatnya menarik bagi beberapa kolektor," ungkapnya.

Menurutnya, kita tak pernah tahu dengan nilai pasar pada sebuah sneakers. Tentu, sneakers langka memiliki harga jual kembali yang tinggi. Tapi, tetap saja sneakers akan mengalami fluktuasi.

Baca juga: 10 Sneakers yang Lebih Mahal dari Mobil

Michael Jordan dan Air Jordan 1 BredThe Sole Supplier Michael Jordan dan Air Jordan 1 Bred
Sneakers yang sangat berharga dua tahun lalu mungkin hanyalah tren yang bersifat sementara dan tak lagi berharga di masa kini.

DJ Delz, pencipta The Sneaker Addict, sepakat akan hal ini.

Menurutnya, sneakers adalah investasi yang bagus, tetapi kita harus tahu barang apa yang sebaiknya kita simpan, karena beberapa sepatu harganya akan meroket, namun bisa saja akan kembali turun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com