Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Louis Vuitton Digugat Perusahaan Mainan Asal California

Kompas.com - 03/01/2019, 08:31 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan mainan California MGA Entertaintment menggugat Louis Vuitton untuk berhenti mengganggu penjualan tas mainan Pooey Puitton.

Dilansir dari laman Business of Fashion, dalam gugatan yang diajukan di pengadilan federal Los Angeles, MGA Entertainment Inc mengatakan, konsumen tidak akan berpikir Pooey Puitton yang dijual seharga 59,99 dollar AS mirip dengan Louis Vuitton.

MGA menyebut Pooey Puitton dilindungi oleh parodi, yang dirancang untuk mengejek, mengkritik, dan mengolok-olok kekayaan dan selebriti yang terkait dengan Louis Vuitton. Ada pun MGA dengan tegas menolak klaim pelanggaran merk dagang yang disampaikan Louis Vuitton.

"Penggunaan nama Pooey dan produk Pooey dalam hubungannya dengan lini produk 'magical unicorn poop' dimaksudkan untuk mengkritik atau mengomentari orang kaya dan terkenal, nama Louis Vuitton, merek LV dan mereka yang konsumtif," tulis MGA dalam gugatan.

Sementara itu, Jim Fingeroth, juru bicara Louis Vuitton, mengatakan LVMH Moet Hennessy Louis Vuitton SE tidak berkomentar mengenai keluhan tersebut.

Banyak pembuat barang mewah mengajukan tuntutan hukum atau mengancam litigasi untuk menghentikan perusahaan lain menggunakan nama mereka.

Ada pun MGA beranggapan bahwa Pooey Puitton tidak melanggar hak kekayaan intelektual Louis Vuitton, dan dilindungi parodi dan penggunaan yang adil.

Perusahaan Van Nuys, yang berbasis di California mengatakan, Pooey Puitton, yang isinya termasuk "slime powder" untuk membuat "rainbow of poop" ketika ditambahkan air, merupakan bagian dari koleksi Poopsie Slime Surprise yang diluncurkan pada 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com