Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desainer ASAP Bari Terjerat Kasus Pelecehan Seksual

Kompas.com - 04/01/2019, 10:10 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Desainer Vlone dan mantan kolaborator Nike, ASAP Bari, mengaku bersalah terkait pelecehan seksual yang terjadi di London, Inggris.

Dilansir dari Sole Collector, kasus tersebut bermula dari video yang muncul ke publik pada bulan Juli 2017. Dalam video tersebut, Bari tampak melakukan pelecehan seksual terhadap salah seorang perempuan di kamar hotel.

Semula, Bari menanggapi klip itu dengan menyebutnya "menyesatkan" dan mengklaim bahwa kasus tersebut telah diselesaikan.

Namun, itu tidak menghentikan Nike dari mengambil tindakan cepat untuk memutus kontrak dengan pria bernama lengkap Jabari Shelton.

Nike sendiri awalnya diam-diam, dan baru mengonfirmasi beberapa pekan setelah mengakhiri kemitraan tersebut.

Bari dan Nike mulai bekerja bersama pada tahun 2016 dengan merilis Vlone x Air Force 1 Low ComplexCon-eksklusif hitam/oranye yang dirilis lagi pada tahun 2017.

Dikabarkan Lebih banyak warna AF1 dan sneakers termasuk Vlone x Nike Vandal yang sedang dalam pengerjaan, namun kemungkinan tidak akan pernah dirilis karena kasus ini.

Setelah insiden 2017, Bari menghadapi dua dakwaan pelecehan seksual, namun ia mengaku bersalah atas salah satu dakwaan, menurut Sky News.

Atas kasus tersebut, Bari tidak akan menjalani hukuman penjara, namun diharuskan membayar denda 4.000 poundsterling atau Rp 72,8 juta dan tambahan 2.500 poundsterling atau Rp 45,5 juta kepada korban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com