Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Olahraga Lari? Lindungi Kaki dengan Perawatan Ini

Kompas.com - 16/01/2019, 17:17 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Selain menyehatkan tubuh, olahraga lari juga banyak digemari karena bisa membuat badan dan pikiran segar.

Bila sering berolahraga lari, entah itu maraton atau sekadar jogging, kamu pasti pernah mengalami beberapa keluhan khas seperti kaki pegal, muncul kapalan, atau kaki jadi bau kurang sedap.

Nah, itu tandanya kamu perlu melakukan perawatan kaki khusus supaya bisa tetap berolahraga dengan kaki yang sehat. Tak cuma memilih sepatu dan kaus kaki yang tepat untuk lari, kamu juga harus melindungi kaki dengan perawatan. Bagaimana caranya?

1. Lepas sepatu dan kaus kaki setelah lari

Setelah selesai berolahraga, jangan berlama-lama mengenakan sepatu dan kaus kaki yang dipakai aktivitas. Segera lepas sepatu dan kaus kaki, ganti dengan sandal yang memberikan sirkulasi udara buat kaki.

Pasalnya, sepatu dan kaus kaki yang lembap dan berkeringat setelah digunakan lari akan jadi tempat yang ideal untuk pertumbuhan bakteri.

2. Cuci kaki

Untuk menjaga kebersihan kaki dan kuku kaki, rajinlah mencuci kaki setiap hari. Baik itu setelah olahraga lari atau setelah bepergian.

Cuci kaki dengan air bersih dan sabun. Pastikan menjangkau setiap sela-sela jemari. Keringkan sampai tuntas dengan handuk. Cuci kaki dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab bau kaki tak sedap.

Baca juga: Waspadai, 4 Penyebab Bau Kaki

3. Rajin potong kuku

Jangan biarkan kuku jari kaki tumbuh terlalu panjang. Kuku yang terlalu panjang bisa menyebabkan cedera saat berlari. Kamu juga lebih berisiko mengalami cantengan. Potong dan rapikan kuku kaki dengan gunting kuku yang cukup tajam setiap beberapa minggu sekali.

ilustrasi merendam kakishutterstock ilustrasi merendam kaki
4. Rendam kaki

Untuk meredakan nyeri otot di kaki sekaligus mencegah bau kaki tak sedap karena bakteri, kamu bisa merendam kaki dengan air hangat yang dicampur larutan garam dan minyak esensial lavender.

Garam dan minyak lavender bisa membantu melawan infeksi dan peradangan pada kaki. Kamu bisa melakukan perawatan kaki ini sebelum tidur selama kira-kira dua puluh menit.

Baca juga: Benarkah Merendam Kaki Dengan Air Garam Baik Bagi Kesehatan?

5. Cegah tumit kering

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com