Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Gunakan Pakaian Bekas Daur Ulang untuk Seragam Tim Olimpiade

Kompas.com - 01/02/2019, 09:41 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Asics mengumumkan rencana menggunakan pakaian daur ulang untuk membuat seragam resmi tim Olimpiade dan Paralimpiade Jepang di Olimpiade Tokyo 2020.

Dilansir dari Fashion United, brand sepatu dan perlengkapan olahraga asal Jepang ini mengumpulkan sekitar 30.000 pakaian olahraga dengan menempatkan kotak koleksi di gerai Asics, mitra peritel, dan acara-acara olahraga di seluruh Jepang.

Pakaian dari merek apa pun akan diterima hingga 31 Mei 2019.

Menurut Asics, seragam dan sepatu olimpiade yang mereka buat bakal mengandung serat poliester yang diekstraksi dari pakaian yang disumbangkan.

Konsumen dapat mengikuti proses daur ulang melalui buletin khusus, di mana mereka akan memiliki akses lewat pemindaian barcode yang ditampilkan pada kotak koleksi.

Asics menambahkan, inisiatif ini bertujuan untuk berkontribusi mewujudkan masyarakat yang berkelanjutan, sejalan dengan program PBB dan targetnya untuk mengurangi emisi CO2 pada tahun 2030.

Namun perlu dicatat, tidak semua pakaian dapat didaur ulang. Beberapa campuran poliester cukup sulit, sehingga mustahil untuk didaur ulang menjadi pakaian baru.

"Dalam beberapa kasus, secara teknis dimungkinkan, misalnya dicampur dengan poliester dan kapas. Tapi masih di level pilot (uji coba). Tantangannya adalah menemukan proses yang dapat ditingkatkan dengan baik dan kami belum sampai di sana," kata Board Member of Textile Exchange, Karla Magruder.

Menurut Asics, bahan daur ulang lainnya yang diekstraksi dari pakaian bekas akan diubah menjadi bahan bakar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com