Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips "Nge-Vlog" Liburan ke Luar Negeri, ala Alika Islamadina

Kompas.com - 04/02/2019, 08:14 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki banyak kesempatan bepergian ke luar negeri tak disia-siakan penyanyi Alika Islamadina untuk mengabadikannya dalam foto dan video.

Alika memiliki chanel Youtube yang berisi video jalan-jalannya. Untuk membuat konten yang menarik, ia pun melakukan beberapa persiapan.

Salah satu hal yang tak luput dari persiapannya adalah cuaca di tempat tujuan karena akan menentukan jenis pakaian dan perlengkapan yang dibawa.

Jebolan ajang pencarian bakat anak itu kerap menyusun pakaiannya berdasarkan jadwal aktivitasnya di sana.

"Lihat cuacanya, bikin juga jadwalnya. Itu penting supaya enggak buang-buang waktu di sana mikir mau ngapain ya, kemana ya, pakai baju apa," kata Alika saat ditemui di Pacific Place beberapa waktu lalu.

Meski selalu melakukan riset mengenai tempat yang akan dikunjungi, Alika sempat mengalami beberapa kali masalah kecil ketika traveling.

Misalnya, ketika bepergian ke Spanyol. Saat itu, Alika baru mengetahui bahwa Bahasa Inggris masyarakat setempat sangat minim. Ia pun agak kesulitan saat mencari sebuah tempat.

"Kami sudah sewa mobil, itu enggak tahu mau parkir dimana. Sepertinya kalau ke sana enakan naik transportasi umum aja atau naik taksi. Jadi benar-benar harus riset setiap negara," tuturnya.

Baca juga: Bertemu Presiden Jokowi, Agnes Monica Bikin Vlog

Bagi kita yang hendak membuat konten ketika berlibur ke luar negeri, Alika menyarankan untuk membawa peralatan yang seminim mungkin.

Ia sendiri sering membuat video hanya menggunakan ponsel karena lebih praktis. Terutama ketika harus membawa banyak barang atau pergi ke tempat dingin.

"Kadang takut riweuh (repot) atau kalau ke tempat yang dingin, kan mesti keluarin tangan, biasanya kalau pakai kamera jatuhnya malas kalau ribet," ucap penyanyi dengan pengikut YouTube lebih dari 91 ribu itu.

Meski menggunakan ponsel, Alika tetap membawa perlengkapan audio sederhana agar suara yang direkam terdengar jernih dan jelas.

"Sekarang pakai handphone aja sebenarnya sudah bagus untuk bikin vlog. Paling kadang pake audio kit biar suaranya jernih. Itu juga kecil ukurannya," kata keponakan presenter Alya Rohali itu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

TUKUTUUUK...... (lanjutkan please) ????????????

A post shared by Alika Islamadina (@alikaislamadina) on Jan 10, 2019 at 2:11am PST

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com