Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/02/2019, 23:30 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Ini adalah jamannya kolaborasi. Lewat kolaborasi, nilai sebuah barang akan meningkat dan menjadi istimewa. Tak heran bila kolaborasi ditemukan dalam berbagai produk, mulai dari fashion, sneakers, hingga koper.

Nah, salah satu brand koper yang getol melakukan kerjasama dengan artis atau seniman adalah Rimowa. Yang terbaru, brand asal Jerman ini bekerjasama dengan seniman Alex Israel untuk menciptakan koleksi berbahan aluminium dengan warna yang bergradasi.

rimowaPablo Enriquez rimowa
Kebanyakan karya Alex Israel terinspirasi dari budaya populer media, Hollywood, dan keseharian para selebritas. Ia menempatkan Los Angeles --kota asalnya-- sebagai pusat rujukan untuk memahami budaya Amerika dan American Dream.

Untuk kolaborasinya dengan Rimowa, Alex Israel mengambil inspirasi dari warna sunset di LA dan melukisnya langsung dari palet lukisannya yang berjudul “Sky Backdrop” dan “Untitled (Flat)”. Hasilnya adalah koper aluminium dengan warna yang khas.

“Saya membayangkan tampilan koper-koper ini dari pertanyaan sederhana: Koper seperti apa yang saya ingin lihat dan mencuri perhatian di LAX (singkatan untuk bandara internasional Los Angeles)? Dan jawabannya, bagi saya, adalah langit kota Los Angeles – itu hal terindah yang saya bayangkan,” ujar Alex.

Untuk menandai kolaborasi ini, dibangun pula sebuah replika dari koper kolaborasi setinggi 6 meter yang berlokasi di tengah kota LA, bertepatan dengan Pameran Seni Frieze Los Angeles.

Alex Israel, Alexandre Arnault, RIMOWA x Alex IsraelZack Whitford/BFA.com Alex Israel, Alexandre Arnault, RIMOWA x Alex Israel
Adapun koper ini akan diluncurkan untuk Musim Panas 2019. Setiap koper edisi terbatas juga dilengkapi dengan satu set stiker khusus untuk edisi ini, yang menampilkan ilustrasi grafis landmark LA yang ikonik.

Rimowa sendiri adalah merek yang sudah muncul sejak 1898, sebagai pembuat koper. Terinspirasi oleh pesawat terbang di era awal-awal berkembangnya konstruksi pesawat terbang, pada tahun 1937 Rimowa memperkenalkan bahan aluminium ke dalam pembuatan kopernya.

Di tahun 2000, Rimowa kembali membuat terobosan dengan menciptakan koper berbahan polikarbonat pertama di industri koper global.

Kini, brand Rimowa dianggap sebagai salah satu merek koper kelas atas yang layak dikoleksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com