Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Sarapan Sehat dan Bergizi dengan Prinsip "ABC"

Kompas.com - 23/02/2019, 11:32 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com-  Sarapan memiliki peranan penting dalam penyediaan kebutuhan gizi di pagi hari sehingga kita siap memulai hari.

Pemenuhan asupan yang mencukupi saat sarapan memiliki dampak positif, terutama bagi anak-anak. Sebuah penelitian menunjukan bahwa anak-anak yang mengonsumsi sarapan setiap hari memiliki performa akademis 4 kali lebih baik dari mereka yg tidak sarapan. 

Untuk itu, penting bagi orang tua untuk mendisiplinkan anak dalam mengonsumsi sarapan setiap harinya. Tentunya orang tua juga perlu memberi contoh.

Eka Herdiana, Corporate Nutritionist dari Nestlé Indonesia, memperkenalkan tiga prinsip utama, ABC (Atur-Baca-Cukupi), untuk memenuhi asupan sarapan yang bergizi, sehat dan kenyang.

Dalam keterangan pers kepada Kompas.com, berikut penjelasan tiga prinsip tersebut.

Atur

Atur porsi untuk memastikan jumlah asupan makanan cukup (tidak berlebih dan tidak kurang) sehingga mendukung aktivitas setiap hari.

Sarapan baiknya bila terdiri dari semua zat gizi yang dibutuhkan, dimana setengah piring berisi sayuran dan buah-buahan (dengan sayuran lebih banyak dari buah), dan sisa setengah piring berisi karbohidrat, dan lauk-pauk yang mengandung protein.

Baca juga: Sarapan Bukan Asal Kenyang

Baca

Baca label kemasan makanan untuk memperhatikan kandungan gizi dan cara penyajian, sehingga membantu masyarakat agar memahami produk yang mereka konsumsi dan dapat menikmati manfaat produk secara maksimal.

Dengan semakin sibuknya kegiatan orang tua dan juga anak, tentunya banyak tantangan dalam mempersiapkan menu sarapan yang sesuai dengan kelengkapan gizi.

Untuk itu, banyak sekali yang kini mengggunakan makanan cepat saji atau makanan kemasan sebagai alternatif.

Menyadari hal tersebut, Diana mengingatkan para orang tua untuk selalu cermat dalam membaca kandungan nilai gizi di kemasan produk. Hal ini penting bagi orang tua untuk dapat memperkirakan bahan makanan lain yang perlu dilengkapi untuk memenuhi gizi asupan sarapan anak-anak.

Baca juga: Jangan Sarapan Terlalu Siang, Apa Alasannya?

Cukupi

Cukupi asupan gizi dengan mengonsumsi beragam jenis makanan. Usahakan untuk mengonsumsi lebih dari satu jenis makanan dalam periode tertentu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com