Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semakin Populer, Inilah Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Kompas.com - 05/03/2019, 14:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber Honestbee

KOMPAS.com - Buah naga yang memiliki bentuk dan rasa yang unik ini semakin populer di Indonesia selama kurang lebih lima tahun terakhir. Ini wajar, karena manfaat buah naga untuk kesehatan ternyata sangat banyak

Tumbuh subur di daerah tropis dan subtropis, penamaan "Buah Naga" sendiri terinspirasi dari bentuk kulitnya yang dianggap mirip dengan sisik naga. Buah naga kaya akan kandungan Vitamin C, B1, B2, dan B3, serta mineral seperti zat besi, kalsium, dan fosfor.

Itu pun belum semua, karena menurut para ahli, masih banyak kandungan positif lain yang belum terpetakan sepenuhnya. Fakta ini semakin mengukuhkan posisi buah naga sebagai salah satu buah tersehat yang mudah kita temui di Indonesia.

Kali ini, yuk, kita bedah satu persatu apa saja manfaat buah naga untuk kesehatan!

1. Menyehatkan dan merawat kulit
Barangkali ini adalah manfaat buah naga untuk kesehatan yang paling banyak diketahui oleh masyarakat. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan vitamin C, B3, serta kadar air yang mencapai 90 persen. Akibatnya, kulit menjadi sehat dari dalam. Cocok banget buat kamu yang selalu ingin tampak segar.

Warna merah pada buah naga juga mengandung fitokimia yang berperan sebagai antioksidan. Sehingga, tidak hanya menjaga kulit tetap ‘kencang’, tapi juga berfungsi melawan radikal bebas di dalam tubuh. Luar biasa, kan?

Baca juga: Buah Naga Merah Banyuwangi, yang Disayang dan Dibuang...

2. Mencegah kanker
Masih nyambung dengan poin sebelumnya, fungsi antioksidan dalam buah naga yang dapat melawan radikal bebas akan membantu menekan risiko kanker.

Selain Vitamin C, buah naga juga mengandung karoten yang mampu mengurangi jumlah tumor. Ditambah lagi, kandungan likopen pada buah naga merah juga terbukti menurunkan risiko kanker prostat.

3. Menjaga kesehatan jantung
Manfaat buah naga untuk kesehatan lainnya adalah mampu mengurangi kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kolesterol baik. Dari jurnal Pharmacognosy Research di tahun 2010, ditemukan bahwa mengonsumsi buah naga secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Jantung sehat, aktivitas pun lancar.

Baca juga: Waspadai, 3 Gejala Serangan Jantung pada Wanita

4. Mencegah diabetes
Takut terkena diabetes? Buah naga juga ternyata berkhasiat menghindarkan kita dari penyakit kadar gula darah tinggi tersebut. Hal ini disebabkan oleh tingginya jumlah serat dalam buah naga yang menghambat peningkatan gula karena makan makanan dengan indeks glikemik tinggi.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh
Seperti yang telah disebutkan di atas, buah naga dapat memerangi radikal bebas sekaligus ‘mempertebal’ daya tahan tubuh. Ini berarti, kamu akan lebih jarang terkena penyakit seperti demam atau flu yang kebanyakan disebabkan oleh faktor infeksi.

6. Membantum menurunkan berat badan
Tidak heran apabila buah naga sering termasuk ke dalam daftar buah yang harus dimakan jika kamu sedang menjalani diet. Mengapa begitu? Karena buah naga sangat kaya akan serat dan rendah kalori.

Jadi, kamu akan merasa kenyang lebih lama dan mampu mengontrol nafsu makan. Di sisi lain, faktor tersebut juga memperlancar metabolisme tubuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Honestbee

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com