Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/03/2019, 20:16 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Foundation menjadi salah satu produk riasan wajah yang wajib digunakan jika ingin mendapatkan hasil makeup yang rata dan sempurna.

Produk foundation biasanya memiliki banyak pilihan warna. Kesalahan pemilihan foundation justru membuat kulit menjadi kusam dan riasan wajah pun menjadi tidak sempurna.

Ternyata, kesalahan memilih foundation memang dilakukan oleh banyak orang. Product Innovation Manager Make Over, Mario Kristiono menyebutkan, setidaknya ada tiga kesalahan umum yang banyak dilakukan ketika seseorang membeli foundation.

1. Pemilihan shade

Menurut Mario, banyak orang memilih shade atau warna foundation yang sama persis dengan kulit mereka. Hal itu memang bagus agar riasan wajah terlihat menyatu dengan kulit.

Namun, ingatlah bahwa foundation akan mengalami oksidasi secara perlahan ketika diaplikasikan ke wajah.

"Oksidasi sudah pasti. Jadi sebaiknya pilih foundation dengan shade sedikit di atas warna kulit kita," kata Mario ketika ditemui pada peluncuran rangkaian Powerstay terbaru di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (6/3/2019).

Baca juga: Beda Jenis Kulit, Beda Cara Pakai Foundation

2. Tekstur

Kita bisa menemukan beragam jenis foundation di pasaran. Pastikan tekstur foundation yang dipilih sesuai dengan jenis kulit kita.

Misalnya, ketika kondisi kulit cenderung berminyak, jangan paksakan memilih foundation yang memiliki daya tutup penuh (full coverage) sebab akan membuat kulit tampak kusam.

"Akhirnya oksidasi. Jadinya kusam, berat dan enggak nyaman," ucapnya.

3. Ekspektasi terlalu tinggi

Ingatlah bahwa foundation akan beroksidasi ketika diaplikasikan ke kulit. Beberapa orang juga mungkin mengalami penyumbatan pori-pori karena foundation yang masuk.

"Biasanya orang berharap terlalu banyak pada foundation," ucap Mario.

Mario menyarankan kita agar menimpa foundation cair dengan produk lainnya yang tentunya disesuaikan juga dengan jenis kulit.

"Kami sarankan liquid foundation harus ditimpa sesuatu, dalam hal ini bedak. Antara two way cake atau loose powder," ujarnya.

Baca juga: Rangkaian Make Up Awet Sepanjang Hari...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com