Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/03/2019, 15:54 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Banyak orang memilih pagi hari sebagai waktu untuk berolahraga. Namun karena kesibukan dan keterbatasan waktu, sebagian akhirnya hanya bisa melakukan aktivitas itu di malam hari.

Beberapa orang kemudian merelakan waktu petangnya untuk olahraga. Tak heran kita melihat gym, lapangan futsal, basket, dan sepakbola justru dipenuhi orang selepas senja.

Bukan hanya itu, kini makin banyak orang jogging atau berlari ketika matahari telah terbenam. Namun bukankah lari di jalanan pada malam hari cukup membahayakan, terlebih bila jalur lari itu juga dilewati kendaraan bermotor?

Rupanya kondisi itu sudah lama dipikirkan, sehingga produsen olahraga asal Jerman, adidas, sejak tahun 1980 sudah membuat sepatu khusus untuk lari malam hari: Nite Jogger.

Kini, di saat sepatu-sepatu olahraga lama dirilis kembali, Nite Jogger kembali dimunculkan dengan bahan dan teknologi baru, mengikuti seri-seri lain seperti Superstar, Stan Smith, Samba, atau Continental.

Seperti kebanyakan sepatu retro, produk yang awalnya digunakan untuk olahraga itu kini lebih cocok dikategorikan sebagai sepatu lifestyle, walau tetap bisa dipakai berlari karena jelas lebih nyaman dari seri aslinya.

Sol Boost yang melengkapinya membuat Nite Jogger modern ini lebih empuk dan nyaman dipakai. Sedangkan bagian atasnya dibuat menggunakan paduan nylon ripstop ringan, mesh knit halus, dan suede berlapis untuk memberi kekuatan namun tetap ringan.

Berbagia warna adidas Nite Joggeradidas Berbagia warna adidas Nite Jogger
Karena menyandang nama Nite Jogger, maka bagian yang tidak boleh ketinggalan adalah detail-detail reflektif yang memantulkan cahaya saat terkena sinar. Bagian inilah yang memberikan perlindungan karena membuat pengendara melihat pemakai Nite Jogger saat mereka bertemu di jalanan.

Adapun bahan reflektif dipasang pada bagian tali sepatu, garis lambang adidas, dan beberapa titik lain yang membuat sepatu ini memantulkan cahaya.

Lalu apakah sepatu ini hanya cocok dipakai di malam hari? Tentu tidak. Sesuai tren retro yang muncul saat ini, Nite Jogger tetap keren untuk dipakai siang hari.

Seri ini bukanlah sepatu chunky dengan sol tebal yang membuat pemakainya tampak keberatan kaki, atau model dengan sol tipis. Nite Jogger berada di antaranya, dengan tinggi sol yang membuatnya nyaman sekaligus terlihat pas.

Selain itu, beberapa referensi dari sepatu adidas ikonik lain diterapkan di sepatu ini, seperti lebar serupa seri Yung 1, bentuk mirip UltraBoost, dan sedikit lekukan Yeezy.

Tak heran sepatu yang memantulkan cahaya di malam hari ini mungkin juga akan "menyilaukan" di siang hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com