Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Memakai Jam Tangan agar Penampilan Pria Lebih Maksimal

Kompas.com - 16/03/2019, 11:00 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber DMarge

 

KOMPAS.com - Ada seni untuk memasangkan gaya pribadi kamu dengan arloji.

Rolex Submariner, Watch IWC Pilot, Omega Speedmaster, TAG Heuer Monaco, apa pun pilihan arlojinya, selalu ada cara-cara ideal untuk memakainya.

Seperti dilansir laman Dmarge, berikut cara memakai arloji yang tepat untuk memaksimalkan penampilan.

Pergelangan tangan untuk arloji

Cristiano Ronaldo terlihat mengenakan arloji senilai Rp 23 miliarAFP Cristiano Ronaldo terlihat mengenakan arloji senilai Rp 23 miliar

Tak ada yang benar atau salah dalam memilih pergelangan tangan mana yang akan dipakaikan arloji. 

Namun, jika merujuk pada aturan sejak dulu, tangan yang dipakaikan arloji adalah bukan tangan dominan. Kalau kamu dominan tangan kanan, maka pakai arloji di tangan kiri.

Kendati demikian, di era fashion serba tabrak ini, pada dasarnya tak ada aturan baku. Kamu bisa pakai sesuai keinginan kamu, baik tangan kiri atau kanan. Semua tergantung pada kenyamanan dan kepercayaan diri.

Baca juga: 5 Arloji Diving Omega yang Tidak Pernah Jadi Diproduksi

Memilih arloji yang tepat di saat yang tepat

- Arloji olahraga, adeventure dan diving

Arloji Seiko x BapeBAPE Arloji Seiko x Bape

Saat ini, banyak pembuat arloji yang menggabungkan kegiatan menyelam (diving), olahraga dan adventure ke dalam desain formal. Ini juga yang akhirnya membuat sedikit kerancuan pada pembagian tipe jam tangan. 

Namun, arloji seperti Breitling Superoceans, Endurance GMT dari Bremont atau Omega Seamasters, rata-rata masih kental dengan desain sport, dengan ciri memiliki strap karet dan case lebih besar.

Oleh karena itu, arloji dengan tipe tersebut tak cocok jika harus dikenakan dengan setelan jas. Jika ingin mencoba di luar fungsi sport, kamu bisa kenakan arloji-arloji tersebut dengan pakaian lebih santai.

- Dress Watches

Arloji berhias berlian A159WAD-1 berwarna perak merupakan jam tangan unisex dengan ukuran terbesar, namun harga termurah Rp 699.000, dikenakan oleh Business Relation Manager Casio Singapore, Jakarta Representative Office, Destria Ray Natalia di Senayan City, Jakarta, Selasa (14/8/2018). Label jam tangan asal Jepang, Casio, meluncurkan koleksi terbaru yakni arloji bertahta berlian dengan harga terjangkau yang dibanderol di rentang Rp. 699.000 - Rp. 1.399.000.KOMPAS.com/GLORI K WADRIANTO Arloji berhias berlian A159WAD-1 berwarna perak merupakan jam tangan unisex dengan ukuran terbesar, namun harga termurah Rp 699.000, dikenakan oleh Business Relation Manager Casio Singapore, Jakarta Representative Office, Destria Ray Natalia di Senayan City, Jakarta, Selasa (14/8/2018). Label jam tangan asal Jepang, Casio, meluncurkan koleksi terbaru yakni arloji bertahta berlian dengan harga terjangkau yang dibanderol di rentang Rp. 699.000 - Rp. 1.399.000.

Kenakan dress watches jika kamu memang ingin tampil rapi dengan setelan jas.

Arloji tipe ini biasanya lebih bersih dan menekankan pada fungsi yang sederhana, seperti hanya jarum jam, menit, detik dan tanggal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com