Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/03/2019, 20:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Rendahnya gairah seksual atau pun tidak mood untuk bercinta juga bisa dialami kaum perempuan. Kelelahan dan sedang sakit biasanya menjadi penyebab utamanya.

Aktivitas seksual perlu kesepakatan bersama, meski sudah berstatus suami istri. Karena itu seharusnya suami juga memahami bahwa istrinya “tidak selalu on” untuk bercinta.

“Melayani suami memang kewajiban istri, tapi suami juga harus mengerti kondisi istrinya. Kalau lagi capek, enggak mungkin dipaksa,” kata dr.Dinda Derdameisya Sp.OG dalam sebuah acara di Jakarta.

Ia menjelaskan, hubungan seks yang terpaksa akan membuat satu pihak tidak menikmati prosesnya.

“Pada istri, kalau tidak bisa menikmati biasanya cairan vagina untuk lubrikasi tidak keluar, sehingga yang ada hanya gesekan yang bisa menimbulkan luka, ujung-ujungnya infeksi,” papar dokter dari RS Asih Jakarta ini.

Kondisi tersebut sebaiknya juga dipahami suami. Apalagi ketika sedang tidak mood bercinta, biasanya istri akan lebih sulit mencapai orgasme.

Padahal, idealnya acara bercinta sama-sama mendatangkan kepuasan bagi kedua belah pihak.

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan suami untuk memancing kembali gairah bercinta pasangan. Misalnya saja dengan memberikan perhatian lebih dengan memijat pundaknya agar ia kembali rileks, mendengarkan curhatannya, atau memberi pelukan hangat.

Perlu pula diketahui bahwa libido perempuan sangat tergantung pada relasi dengan pasangan. Jika sehari-hari suami selalu memberi perhatian dan menunjukkan rasa cinta, tingkat gairahnya pun akan selalu tinggi.

Baca juga: Gairah Seks Lenyap Saat Hamil, Normalkah?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com