Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah “Beauty Blender” Mahal Pasti Berkualitas Lebih Unggul?

Kompas.com - 21/03/2019, 08:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Sejak diperkenalkan di tahun 2013, spons makeup alias “beauty blender” menjadi salah satu barang wajib dalam tiap tas pecinta dunia kecantikan.

Spons ini pada umumnya berbentuk menyerupai telur dan sangat efektif untuk meratakan kosmetik dan membuat tampilan wajah terlihat mulus.

Meski begitu, harga produk ini tidak murah, apalagi jika kita perlu menggantinya setiap tiga bulan demi menjaga higienitasnya. Harganya bervariasi, ada yang mencapai Rp 500 ribu untuk merek Beautyblender, atau merek lain yang hanya puluhan ribu rupiah.

Tapi, benarkah beauty blender yang lebih mahal memiliki kualitas lebih prima dan apa yang membedakan produk yang murah dengan yang mahal?

Menurut situs Beautyblender, spons untuk aplikator makeup ini dibuat dari foam eksklusif yang mengaktifkan air, dengan tekstur lembut sehingga memberi hasil akhir seperti airbrush dan mulus.

Sebagian besar produk spons makeup memang tidak mencantumkan material yang dipakai dalam kemasannya, tetapi terkadang mereka menyebutnya dengan “busa bebas latex.”

Baca juga: Agar Hasil Riasan Mulus, Simak Tips Menutupi Jerawat

Menurut makeup artist Ashley Readings, produk spons makeup dengan merek Beauty Blender memang istimewa dan berbeda dengan spons latex biasa. Produk yang harus dipakai dalam kendisi basah ini membantu Readings menghasilkan “hasil akhir tanpa pori” pada riasannya.

“Untuk merek lain, terkadang tidak bisa menahan air dan bisa menyebabkan tampilan tekstur seperti spons,” katanya.

Dalam artikel di maalah Allure disebutkan bahwa spons Beautyblender bersifat hydrophilic atau didesain untuk menyerap air. 

Semua air itu akan membuat hanya sedikit ruang pada spons untuk menyerap foundation, sehingga secara teori tidak terlalu banyak “memakan” produk.

Walau sepakat bahwa spons merek beautyblender bagus untuk foundation cair, tetapi menurut MUA Shawnelle Prestidge, faktor harga yang mahal juga dipengaruhi oleh biaya marketing.

“Beberapa produsen juga menjual spons yang mirip tetapi dipasarkan dengan merek berbeda,” katanya.

Sebagian makeup artist mengatakan bahwa kebanyakan konsumen tidak harus membeli produk spons makeup yang mahal. Produk yang lebih murah pun bisa memberikan hasil Rilsan yang sama baik.

“Untuk pemakaian sendiri, produk yang murah pun cukup. Tidak semua hal harus memakai standar yang tinggi,” kata Readings.

Walau begitu, produk yang murah pun terkadang memiliki material yang keras dan gampang rusak atau sponsnya mudah sobek. Jadi, pilih produk dengan berhati-hati.

Baca juga: Alicia Keys Cantik dengan Tampilan Tanpa Makeup di Ajang Grammy 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com