Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/03/2019, 14:16 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Tidak dapat dipungkiri bahwa media sosial telah memberikan pengaruh terhadap cara manusia menilai dirinya.

Kesenangan yang ditunjukkan orang lain di media sosial misalnya, seringkali menimbulkan rasa iri dan membuat kita membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Padahal, perilaku ini dapat berdampak buruk pada kondisi mental.

Sebelum terjerumus lebih dalam, yuk, bentengi diri dengan memahami cara menghilangkan rasa iri akibat media sosial.

Kamu mungkin telah mengetahui bahwa apa yang ditunjukkan orang lain pada akun media sosial tidaklah menggambarkan seluruh kehidupan mereka.

Namun, mengapa hal-hal sederhana seperti barang-barang yang baru dibeli, pencapaian dalam pekerjaan, hubungan keluarga yang harmonis, bahkan penampilan seseorang, masih tetap memicu rasa iri pada diri kita?

Manusia pada dasarnya tidak hanya bersifat sosial, tapi juga kompetitif. Perilaku ini muncul karena setiap orang membutuhkan pencapaian tertentu agar merasa aman. Salah satu caranya adalah dengan menunjukkan apa yang dimiliki kepada orang lain.

Sayangnya, kebanyakan orang mungkin tidak menyadari hal ini sehingga larut dalam rasa iri saat memantau linimasa media sosial.

Baca juga: Jaga Kesehatan Mental, Batasi Pakai Media Sosial

Pada sebuah penelitian mengenai pengaruh media sosial, disebutkan bahwa rasa iri akibat media sosial timbul karena kita merasa tidak memiliki pencapaian, kualitas, hasrat, atau bahkan barang tertentu yang dimiliki orang lain.

Sebenarnya, bila rasa iri itu bisa diolah dan kelola dengan baik, justru akan membuat diri termotivasi. Sebaliknya, rasa iri berlebihan dapat menimbulkan pikiran negatif, rasa frustrasi, bahkan merusak hubungan kita dengan orang lain.

Ilustrasi media sosialshutterstock Ilustrasi media sosial
Cara menghilangkan rasa iri akibat media sosial

Berikut adalah tips yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan rasa iri dalam hati.

1. Batasi penggunaan media sosial

Tanpa disadari, kamu mungkin menggunakan seluruh waktu senggang dengan membuka media sosial. Nah, mulai sekarang sebaiknya kurangi kebiasaan tersebut.

Kamu bisa mulai mencari kegiatan lain yang bisa dilakukan di waktu senggang, bahkan menghapus aplikasi media sosial pada ponsel.

2. Hindari akun media sosial yang menjadi pemicunya

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com