Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Terkenal, Selebgram Ini Rela Utang Ratusan Juta dan Menyesalinya

Kompas.com - 27/03/2019, 18:38 WIB
Retia Kartika Dewi,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seorang influencer yang juga selebritas Instagram (selebgram), Lissette Calveiro (26), menceritakan kisah hidupnya yang berupaya berutang hingga 10.000 dollar AS atau sekitar Rp 142,23 juta agar terlihat up-to-date di Instagram.

Dilansir dari New York Times, Calveiro pindah dari Miami ke New York karena ada keperluan magang pada 2013. Kehidupannya berubah menjadi glamor, seperti kehidupan di serial televisi Sex and the City.

Selebgram yang memiliki lebih dari 37.000 pengikut ini mengungkapkan bahwa di New York dirinya pergi makan bersama teman-temannya dan membeli beberapa potong pakaian baru secara online. Kemudian, dia mendokumentasikan semuanya di akun Instagram miliknya, @lissettecalv.

"Saya ingin menceritakan kisahku ketika tinggal di New York. Saya berbelanja baju-baju untuk unggahan sempurna di akun Instagram-ku," ujar Calveiro.

Meskipun kehidupan di medosnya terlihat glamor, Calveiro tetap berjuang mencari uang sendiri dengan bekerja paruh waktu. Ini dilakukan mengingat kegiatan magangnya hanya dibiayai untuk transportasi saja.

Baca juga: INFOGRAFIK: Wacana Selebgram Dikenai Pajak Kembali Mengemuka

Namun, penghasilan ini tidak mengejar biaya hidupnya. Bahkan, setelah ia pindah ke Miami bersama orangtuanya pada musim gugur 2013 dan mendapatkan pekerjaan full time.

Alih-alih menyimpan uang dari membayar sewa tempat tinggal, ia memutuskan akan mengeluarkan banyak uang untuk jalan-jalan untuk mem-post foto di akun medsosnya.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

Does this count as #selfcaresunday? ???? (Y/N)

Sebuah kiriman dibagikan oleh Lissette Calveiro (@lissettecalv) pada 24 Mar 2019 jam 3:26 PDT

Beberapa kegiatan pemuas diri pun dilakukannya. Calveiro membeli tas vintage dari desainer ternama, Louis Vuitton seharga 1.000 dollar AS atau sekitar Rp 14,2 juta dan juga aksesori dari brand Kate Spade yang bisa dipamerkan kepada followers-nya.

Selain berbelanja barang-barang mewah, Calveiro juga pernah berkeinginan travelling ke lokasi baru, seperti Las Vegas, Bahama, dan Los Angeles tiap bulannya dalam setahun.

Setelah kejadian itu, jumlah followers-nya pun melejit, begitu juga dengan utang kartu kreditnya. Calveiro mulai terjerat utang hingga 10.000 dollar AS atau sekitar Rp 142,23 juta.

Sementara itu, ketika sejumlah selebgram memamerkan tren fesyen terkini dan juga liburan eksotis mereka, orang-orang biasa menjadi kesulitan untuk mempertahankan saldo bank jika mengikuti gaya hidup para selebgram.

Menurut ahli fesyen, untuk menjadi selebgram, seseorang paling tidak harus mengeluarkan uang sekitar 31.400 dollar AS atau sekitar Rp 446 juta per tahun.

Adapun pengeluaran ini termasuk untuk mempertahankan standar kecantikan fisik yang ditampilkan dalam feed Instagram tiap harinya.

Sadar untuk mencicil utang

Akhirnya, Calveiro mengatakan bahwa gaya hidup yang dijalaninya hingga 2016 membuat dirinya kesulitan mengontrol keuangan. Ia pun melakukan banyak kegiatan saat masih aktif di Instagram.

Menurut dia, dengan gaya hidup seperti itu, ia tidak akan bertahan di New York. Akhirnya, ia membatasi mengunggah foto di Instagram dan memfokuskan dirinya untuk mengatur anggaran.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com