Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kulit Gampang Berjerawat, Jangan Pakai Riasan Terlalu Lama

Kompas.com - 01/04/2019, 08:11 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Riasan yang awet di wajah tentu lebih disukai wanita, namun jika kulit kamu gampang berjerawat sebaiknya jangan biarkan kosmetik menempel terlalu lama.

Menurut dr. Anesia Tania, Sp.KK, untuk kulit yang berminyak dan berjerawat sebaiknya kosmetik tidak lebih dari 6 jam menempel di wajah.

“Semua bahan-bahan dari kosmetik bisa terserap ke pori-pori kulit,” kata dokter dari klinik ZAP Premium ini.

Ia mengatakan, walau produk kosmetik yang kita pakai bersifat nonkomedogenik, tetap saja ada kemungkinan akan menyumbat pori-pori bila dipakai terlalu lama.

“Sebaiknya di pertengahan hari dihapus. Untuk yang Muslim bisa sekalian wudhu. Baru setelah itu kulit dibersihkan dan re-apply lagi kosmetiknya,” kata dia.

Beberapa produk kosmetik yang juga berpotensi menyumbat pori-pori antara lain primer yang mengandung silikon, foundation, hingga bedak padat. 

Itu sebabnya sebaiknya kulit harus dibersihkan dengan benar, yaitu dengan melakukan pembersihan ganda (double cleansing), lalu hidrasi kembali kulit menggunakan pelembab.

 Baca juga: Double Cleansing, Rahasia Kulit Cantik dengan Riasan Minimal

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com