Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shea Butter, dari Perempuan Ghana untuk Kulit dan Rambutmu

Kompas.com - 02/04/2019, 12:55 WIB
Wisnubrata

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika pendiri The Body Shop, Anita Roddick, pertama kali berkunjung ke Ghana pada 1992, ia bertemu dengan para perempuan yang telah menggunakan shea butter bertahun-tahun lamanya.

Selain sebagai pelembap dan tabir surya, para perempuan tersebut menggunakan krim yang berasal dari biji shea untuk mengatasi rambut kering.

Shea butter juga digunakan untuk meratakan warna kulit, mengencangkannya, sekaligus menunda munculnya keriput atau penuaan dini.

Roddick, yang sering terinspirasi kebiasaan orang-orang di seluruh dunia dalam merawat tubuh, kemudian ingin berbagi tentang manfaat bahan ini kepada kepada lebih banyak orang.

Ia sekaligus juga tergerak untuk memberdayakan para perempuan di Ghana itu dan keluarganya, beserta komunitas ini secara menyeluruh.

Baca juga: Berarti Bagi Sesama, Kisah Anita Roddick dan Perempuan di Kathmandu

Oleh karena itulah, sejak tahun 1994, The Body Shop membeli shea butter dengan harga yang layak dari Tungteiya di Ghana.

Perusahaan asal Inggris ini juga membantu pendanaan sosial Tungteiya melalui The Northern Ghana Community Action Fund, dalam investasi pada proyek-proyek kesehatan, sanitasi, perairan, dan pendidikan yang memberi dampak baik pada 49.000 orang setiap tahunnya.

Dalam 25 tahun, Tungteiya Women’s Association telah bertumbuh dari 50 anggota menjadi 640 anggota dari 11 desa.

Pada 2019, The Body Shop mengambil lebih banyak shea butter untuk berbagai produk yang kemudian ikut meningkatkan pendanaan untuk proyek-proyek komunitas di Tungteiya hingga mencapai 30 persen.

Salah satu hasil dari pembelian shea butter itu adalah produk terbaru yang disebut multi purpose shea butter.

Produk multiguna yang dikemas dalam wadah kertas ini memberikan kita kebebasan berkreasi. Terbuat dari 192 buah shea butter, produk ini memiliki tekstur yang kaya dan bisa digunakan untuk melembapkan tubuh, wajah, rambut, bahkan bibir.

“Shea Butter multiguna ini memiliki tekstur yang kaya, lembut, dan creamy, namun begitu diaplikasikan ke tubuh akan meleleh dengan mudah dan membuatnya terasa lembap. Setelah diaplikasikan, kulit akan terasa lembap, lembut, dan halus," ujar Vanda Serrador, Facial and Body Care Expert for The Body Shop.

Menurut Serrador, produk ini baik untuk digunakan untuk memberikan rasa nyaman pada kulit yang sensitif, kering, dan terasa gatal. Selain itu, ia juga dapat digunakan untuk merawat rambut kering, keriting, bahkan pada rambut yang sangat keriting seperti yang dilakukan perempuan-perempuan Ghana.

Nah, untuk menggunakannya, kita bisa mencampurnya dengan produk lain atau dipakai secara langsung. Jadi kamu bisa menciptakan produkmu sendiri dengan bahan dasar shea butter ini.

Namun bila kamu tidak ingin repot, The Body Shop juga menyediakan produk perawatan rambut shea butter yang terdiri dari shampo, kondisioner, dan hair mask.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com