Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/04/2019, 10:30 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Banyak orang ingin menurunkan berat badan dan mempertanyakan berapa banyak berat badan yang harus mereka turunkan.

Padahal, sebenarnya kita tak perlu merisaukan jumlah kilogram yang turun, karena yang lebih utama adalah menurunkan lemak tubuh.

Personal trainer tersertifikasi NASM dan pelatih presisi nutrisi level 1, Tamara Pridgett mengatakan, ketika menangani klien ia tidak pernah memantau berat badan yang bisa diturunkan kliennya.

Tamara mengatakan bahwa dirinya banyak bertemu orang-orang yang mengatakan ingin menurunkan berat badan tetapi sebenarnya yang diinginkan adalah tubuhnya lebih nyaman, ingin melepas stres, atau bahkan hanya ingin mencapai target tertentu, seperti lari maraton pertama kali.

Menurut Tamara, turun berat badan bukanlah fokus utama mereka. Itulah mengapa ia menyarankan agar mereka tidak stres memikirkan angka di timbangan.

"Sebab, seringkali jika seseorang merasa lebih baik dan lebih kuat secara fisik dan mental, mereka cenderung tidak terlalu fokus pada angka berat badan," kata Tamara seperti ditulis melalui laman popsugar.com.

Baca juga: Penurunan Angka Timbangan Tak Selalu Menunjukkan Kesuksesan Diet

Kedua, angka pada timbangan tidak menggambarkan keseluruhan berat badan. Daripada stres memikirkan angka timbangan, lebih baik fokus pada persentase lemak tubuh dan seperti apa perubahan angkanya.

Persentase lemak tubuh idealnya diukur setiap enam minggu. Namun, kita juga bisa mengukurnya dalam jangka waktu lebih lama.

Cara membaca 

Kebugaran adalah sesuatu yang cukup rumit.  Persentase lemak tubuh menggambarkan keseluruhan massa lemak yang kita miliki.

Ini merupakan kombinasi dua tipe lemak berbeda, termasuk lemak tubuh esensial yang melindungi organ tubuh dan sendi, menjaga tubuh tetap hangat dan membantu sistem reproduksi (bagi wanita).

Namun, ada pula simpanan lemak atau lemak yang tersimpan sebagai jaringan adiposa yang biasa terlihat secara visual oleh kita.

Jumlah lemak esensial dan simpanan lemak adalah persentase lemak tubuh.

Sederhananya, persentase lemak tubuh adalah jumlah massa lemak yang kita miliki tidak termasuk tulang, organ, otot, dan berat air.

Baca juga: Bukan BMI, Ilmuwan Buat Ukuran Baru untuk Ukur Lemak Tubuh

Persentase lemak tubuh 

Halaman:
Sumber POP SUGAR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com