Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/04/2019, 17:02 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rasa penasaran untuk memeriksa ponsel kekasih kita pasti kerap muncul.

Yah, ponsel telah menjadi benda yang tak bisa ditinggalkan dalam aktivitas sehari-hari. Bahkan, banyak orang yang memanfaatkan ponsel sebagai buku harian.

Ponsel juga berisi privasi seseorang. Jadi, kita juga tak boleh sembarangan mengintip isi di dalamnya, termasuk ponsel pasangan kita.

Psikolog bernama Claudia Luiz juga berpendapat demikian. Menurutnya, mengintip telepon seseorang adalah bentuk pelanggaran privasi.

"Tapi, ini bisa menjadi hal yang membingungkan ketika pemilik ponsel tersebut adalah orang yang benar-benar dekat dengan kita," ungkapnya.

Meski demikian, kata Luiz, mengintip atau memeriksa secara diam-diam ponsel pasangan adalah hal yang serupa dengan melakukan kebohongan demi menghindari konflik.

Jadi, kita harus-benar-benar berhenti memeriksa ponsel pasangan secara diam-diam.

Pakar kencan Luarel House juga setuju dengan hal ini. Dalam banyak kasus, menurut House, tak masalah jika kita melakukannya.

Namun, munculnya keinginan untuk meakukannya bisa jadi pertanda adanya masalah kepercayaan dalam hubungan yang kita jalani.

"Melihat telepon pasangan menunjukkan ketidakpercayaan dan rasa tidak aman, dan itu dibangun dengan sendirinya, bahkan mungkin menjadi obsesi," katanya.

Menurut House, kita selalu saja bisa menemukan sesuatu yang salah dari ponsel pasangan. Namun, semua kesalahan itu sebenarnya berasal dari asumsi dan karangan kita saja.

Di sisi lain, rasa ingin tahu pada isi ponsel pasangan itu adalah proyeksi dari diri kita sendiri.

"Sering kali, orang yang mencurigai sesuatu yang tidak pantas terjadi adalah orang yang sebenarnya melakukan tindakan yang tidak pantas itu. Pikiran itu datang karena tindakan mereka sendiri," kata House.

Saat pasangan terlalu sering menatap ponselnya, kita pasti bertanya-tanya dengan siapa dia berkomunikasi atau apa yang sedang ia lihat.

Saat momen itu terjadi, kata House, firasat kita pasti mengatakan jika ada sesuatu yang salah, dan inilah saatnya untuk segera mendiskusikannya langsung dengannya.

Baca juga: Pentingnya Memberi Kepercayaan Penuh untuk Pasangan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com