Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karpet Karya Desainer Virgil Abloh Dilelang di Jakarta

Kompas.com - 03/05/2019, 17:58 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Tahukah kamu bahwa desainer kanamaan Virgil Abloh juga merancang karpet? Nah salah satu karpet rancangannya hasil kolaborasi dengan IKEA itu kini dilelang di Jakarta.

Selain dengan Abloh, ada tujuh desainer lain yang berkolaborasi dengan IKEA untuk merancang karpet bergaya kontemporer ini. Mereka adalah Chiaozza, Craig Green, Misaki Kawai, Seulgi Lee, Noah Lyon, Filip Pagowski dan Supakitch.

Karpet limited edition yang dimunculkan dalam rangka IKEA Art Event 2019 ini bisa dibilang sebagai perpaduan antara seni merajut, kerajinan karpet, avant-garde fashion, street culture dan desain modern.

Eliza Fazia, Country Marketing Manager IKEA Indonesia mengatakan, “IKEA terus mencari jalan agar karya seni tinggi juga dapat diakses setiap orang. Tahun ini kami berkolaborasi dengan delapan artis kontemporer, masing-masing dengan ekspresi artistik yang berbeda, untuk merancang sebuah karpet. Hasilnya merupakan koleksi edisi terbatas seni karpet yang dibuat dengan tangan.”

Jika dilihat secara dekat, setiap karpet merupakan karya yang unik. Tujuh karpet dibuat menggunakan bahan wol atau material alam lainnya, sementara satu karpet dirajut menggunakan mesin. Masing-masing karpet menampilkan ciri khas para desainer.

Bagaimana mendapatkannya?

karpet karya desainet di IKEA Art event 2019ikea karpet karya desainet di IKEA Art event 2019
Untuk memiliki koleksi karpet terbatas ini, kita bisa mengikuti lelang yang diselenggarakan bekerjasama dengan CASA Indonesia dalam ajang CASA 2019. Sistem lelang dilakukan melalui silent auction pada tanggal 2-5 Mei 2019 di Ballroom The Ritz Carlton Jakarta Pacific Place.

“Kami mengajak masyarakat pencinta seni dan penggemar ke-delapan desainer untuk berpartisipasi dalam lelang ini, yang mana seluruh dana yang terkumpul akan didonasikan ke Yayasan Mitra Museum Jakarta untuk merevitalisasi museum di Jakarta,” kata Eliza Fazia.

Yayasan Mitra Museum Jakarta berencana untuk melakukan revitalisasi Museum Seni Rupa dan Keramik di Kota Tua, mulai dari infrastruktur hingga konten kuratorial.

Peserta lelang dapat mengisi bidding card yang berisi data diri, karpet yang dipilih, dan besaran angka penawaran yang diajukan dan ditanda tangani. Pengajuan bidding bersifat mengikat dan mutlak, tidak bisa dibatalkan.

Khusus pada tanggal 3 Mei 2019 di acara Collector’s Gathering akan dilaksanakan live auction satu karpet karya Filip Pagowski untuk menandakan dimulainya ajang lelang ini, dan pada tanggal 5 Mei 2019 juga akan dilakukan live auction untuk 1 karpet karya Virgil Abloh.

Setiap karpet yang dilelang akan dibuka dengan harga dasar dan selanjutnya peserta lelang dapat mengajukan penawaran dengan kelipatan Rp 500.000.

Bila kamu tidak akrab dengan nama-nama desainer di atas, inilah mereka:

1. Virgil Abloh

karpet Virgil Ablohikea karpet Virgil Abloh
Virgil Abloh adalah Direktur Artistik fesyen pria dari merek Louis Vuitton dan juga pendiri merek fesyen Off-White.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com