Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"'Dress Code' Batik di Sidang DK PBB, Hormat untuk Pemerintah RI..."

Kompas.com - 08/05/2019, 09:19 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Sidang Dewan Keamanan PBB kali ini dianggap menciptakan suasana berbeda. Adalah batik yang disebut-sebut sebagai pemantik dari suasana tersebut. 

Pertemuan Debat Terbuka (Open Debate) yang digelar di markas besar DK PBB di New York, Amerika Serikat, Selasa (7/5/2019), memang diwarnai dengan batik dan tenun.

Kain khas Nusantara itu dikenakan oleh para delegasi yang berasal dari sejumlah negara.

Sebagian besar mengenakan berbagai motif batik ataupun tenun tak terkecuali Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres yang mengenakan motif tenun troso cerah.

Baca juga: Unik, Delegasi Dewan Keamanan PBB Pakai Batik dan Tenun Saat Bersidang

Pakar batik Lintu Tulistyantoro merasa bangga dengan momen tersebut.

"Keren sih, ada nuansa yang beda di acara itu, jadi lebih tidak formal," ujar Lintu kepada Kompas.com, Jakarta, Rabu (8/5/2019).

Secara pribadi, Lintu memberikan hormat kepada Pemerintah RI karena membuat batik mendunia. Menurut dia, ini adalah salah satu usaha positif.

Lintu menyebut, capaian ini tak lepas dari upaya mantan Presiden Soeharto yang berkontribusi untuk mengenalkan batik, baik kepada masyarakat Indonesia maupun dunia.

Baca juga: Batik, dari Canting Menuju Warisan Dunia...

Di masanya, Soeharto menekankan penggunaan batik untuk beberapa instansi agar tak hanya kepopuleran musiman, melainkan ditingkatkan dan dipertahankan.

Soeharto juga memberikan beberapa cendera mata berupa batik kepada petinggi negara sahabat yang datang ke Indonesia.

Dia juga sering memakai batik dalam beberapa konferensi dunia.

Nah, salah satu momen paling membanggakan terkait batik adalah diakui sebagai warisan dunia oleh Badan PBB untuk Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan (UNESCO).  

Batik ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and the Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com