Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampilan "Tukar Gender" Para Selebritas di Met Gala 2019

Kompas.com - 08/05/2019, 16:00 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rasanya tak ada undangan acara Met Gala yang tidak tampil unik dan provokatif. Ini adalah ajang terbesar di dunia fashion.

Di ajang Met Gala 2019 yang bertemakan "Camp: Notes on Fashion" sejumlah pesohor tampil dengan busana yang berani bahkan menantang norma gender.

Seperti pria yang mengenakan kain tipis, riasan wajah dan pakaian ketat, sementara wanita mengenakan jas dan tampilan maskulin tradisional. Semuanya berusaha mewujudkan dress code yang diberikan panitia.

Para selebritas yang tampil dengan busana 'tukar gender' tersebut dianggap bisa membantu kaum muda yang berjuang dengan identitas gender dan stereotip.

Film dokumenter CBSN Originals yang berjudul "Gender: The Space Between", misalnya, menampilkan sekelompok anak muda non-biner dan mengeksplorasi arti dari mengidentifikasi sesuatu di luar dirinya.

Karya itu juga menyoroti risiko yang diambil banyak anak muda hanya untuk mengekspresikan perasaan terdalam mereka.

"Dibutuhkan keberanian luar biasa untuk menjadi seseorang itu karena kita akan ditatap oleh orang lain, ditindas dan dilecehkan," kata sj Miller dari Pusat Penelitian NYU tentang Penelitian Keadilan dan Transformasi Sekolah, dalam sebuah artikel di 2017.

Diskriminasi yang didapatkan dari alasan identitas gender bisa terjadi di sekolah, tempat kerja, bahkan akses ke ruang sosial.

Ketika berjalan di tempat umum, kepala orang-orang akan berbalik karena mengidentifikasi tampilan dan itu sangat menakutkan bagi mereka yang mengalaminya.

Bagi mereka, melihat selebritas favorit mereka dielu-elukan karena mengenakan sesuatu yang di luar norma gender memberi kesan bahwa mereka, pada kenyataannya, baik-baik saja sekalipun tampil menjadi dirinya sendiri.

Baca juga: Cara Selebritas Menampilkan Busana Sesuai Tema Met Gala 2019

1. Harry Styles

Harry Styles, yang merupakan salah satu dari lima co-host gala tahun ini, mengenakan blus Gucci hitam berbahan renda tipis dengan pita besar.

Dalam sebuah wawancara Vogue, Styles menyampaikan pendapatnya bahwa fesyen seharusnya merupakan sesuatu yang menyenangkan.

"Dan aku pikir ini saat yang tepat untuk itu, orang-orang menjadi siapa mereka dan sebagainya," kata Styles.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

#ShawnMendes #JanelleMonae #MetGala 2019

A post shared by Fashion’s Biggest Night (@metgala2019_) on May 6, 2019 at 8:55pm PDT

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com