Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TeamLab Future Park, Instalasi Seni Interaktif Siap Digelar

Kompas.com - 09/05/2019, 14:13 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kelompok seni kolektif, TeamLab, bakal menggelar pameran lagi di Indonesia mulai 20 Juni-20 Desember 2019.

Pameran yang akan berlangsung di Gandaria City ini akan menghadirkan pengalaman kreatif bagi pengunjung.

Terdapat lima instalasi digital yang berbeda dalam pameran ini, terdiri dari Animal of Flowers, Symbiotic Lives, Graffiti Nature: Lost, Immersed and Reborn, Sliding through the Fruit Field, Sketch Aquarium, dan Light Ball Orchestra.

Dalam pameran yang dibawa Sorak Gemilang Entertainment (SGE) kali ini, TeamLab Future Park memperkenalkan konsep bernama kreasi kolaborasi (atau co-creation), di mana para pengunjung dapat berinteraksi satu sama lain dalam sebuah pengalaman kreatif.

Sedangkan Animal of Flowers, Symbiotic Lives meningkatkan kesadaran terhadap kehadiran orang lain melalui kegiatan interaktif.

Dengan teknologi digital yang digunakan oleh TeamLab, beragam instalasi seni dalam pameran dapat berevolusi tanpa batas dan bergerak bebas, berinteraksi dengan pengunjung dan lingkungan sekitar, sehingga menciptakan momen unik yang hanya terjadi satu kali.

CEO TeamLab Akitae Matsumoto menceritakan dasar pembentukan pameran kali ini.

Menurutnya, pada dasarnya manusia memiliki sifat kreatif dan kolaboratif. Kendati demikian, sistem pendidikan saat ini mengajarkan manusia bahwa hanya ada satu jawaban yang benar, sehingga menurunkan kreativitas.

Sliding through the Fruit FieldTeamLab Sliding through the Fruit Field

"Kebebasan berpikir dan berperilaku semakin tidak diperbolehkan dan pada akhirnya, siswa menjadi takut membuat kesalahan dan tak lagi mampu berpikir kreatif," kata Matsumoto dalam keterangan pers kepada Kompas.com, Jakarta, Kamis (9/5/2019).

"Dalam kehidupan nyata, tidak ada masalah yang hanya memiliki satu jawaban yang benar. Seringkali terjadi di mana sebuah jawaban yang dianggap benar 10 tahun yang lalu sudah berubah dan tak lagi dianggap benar sekarang."

Oleh karena itu, menurut Matsumoto, menciptakan solusi baru untuk menyelesaikan masalah melalui cara-cara yang berbeda dapat melahirkan jawaban benar yang baru.

Di pameran ini, pengunjung diharapkan dapat memiliki pengalaman positif yang memicu kreativitas.

"Dengan menikmati proses kolaborasi, diharapkan para pengunjung dapat menemukan kreativitas dalam kehidupan sehari-hari. Karena keinginan inilah pameran seni ini diadakan." 

Graffiti Nature: Lost, Immersed and RebornTeamLab Graffiti Nature: Lost, Immersed and Reborn

SGE Mervi Sumali mengatakan, TeamLab memiliki pengalaman lebih dari 17 tahun, di mana sudah menampilkan karyanya di berbagai negara dan selalu menjadi pameran seni yang ditunggu- tunggu.

"TeamLab Future Park and Animals of of Flowers, Symbiotic Lives dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga serta pecinta seni digital interaktif dan menjadi destinasi baru untuk menghabiskan waktu bersama."

Nah, untuk memberikan pengalaman yang optimal bagi pengunjung, teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives memiliki batas maksimum pengunjung untuk setiap sesinya.

Tiket pembelian bisa dibeli mulai 20 Mei 2019 di situs www.sgelive.com dan ticket booth di Gandaria City yang akan dimulai pada tanggal 20 Juni 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com