Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 16/04/2023, 08:23 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Mudik lebaran telah menjadi sebuah rutinitas yang dilakukan sebagian besar orang menjelang Idul Fitri. Moda transportasi yang dipilih pun beragam, mulai dari kendaraan pribadi, bis, kereta, kapal, hingga pesawat terbang.

Sayangnya, perjalanan menggunakan moda transportasi apapun tidak menjamin kamu terbebas dari mabuk perjalanan saat sedang mudik Lebaran. Lalu, bagaimana cara menghilangkan mual yang tiba-tiba muncul saat mudik lebaran?

1. Memandang ke kejauhan

Jika kamu sudah merasa akan muntah alias mual saat masih di dalam perjalanan, coba alihkan pandangan ke luar jendela. Perhatikan dan pandang objek yang jaraknya agak jauh. Cara ini bisa menghilangkan mual dan pusing saat di perjalanan mudik.

Meski begitu, kamu mungkin tetap harus mengubah-ubah posisi duduk untuk mencari posisi yang lebih nyaman dan mengurangi rasa pusing dan ingin muntah selama di perjalanan.

2. Makan camilan saat buka puasa

Jika kamu harus berbuka puasa di perjalanan, hindari makan makanan berat terlebih dahulu, khususnya jika harus memakannya di dalam kendaraan yang bergerak. Lebih baik mengonsumsi camilan, seperti biskuit, roti, sereal, atau buah-buahan seperti apel dan pisang.

Mengonsumsi makanan berat dan mengandung banyak minyak seperti mie goreng atau nasi goreng saat di perjalanan justru akan memperparah kondisi karena jenis makanan tersebut membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

Baca juga: Mengapa Ada Orang yang Mabuk Perjalanan Saat Mudik Lebaran?

3. Jangan baca buku atau menatap layar gadget

Saat di perjalanan, kamu akan cenderung mencari kesibukan agar tidak mudah merasa bosan. Khususnya, jika melakukan perjalanan seorang diri. Beberapa kesibukan yang paling sering dilakukan adalah membaca buku atau bermain gadget.

Padahal, kedua hal tersebut adalah salah satu pemicu timbulnya rasa mual saat di perjalanan, termasuk perjalanan mudik. Hindari melakukan aktivitas yang memaksa mata bekerja lebih keras.

Cobalah beralih ke aktivitas lain seperti mendengarkan musik, audiobook, atau memanfaatkan waktu untuk tidur jika melakukan perjalanan mudik sendirian.

4. Temukan posisi yang nyaman

Menemukan posisi yang nyaman menjadi cara utama menghilangkan mual saat mudik. Apalagi jika harus melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil.

Posisi yang nyaman tergantung pada jenis kendaraan yang kamu naiki saat mudik. Sesuai yang disarankan oleh Mayo Clinic untuk posisi nyaman untuk menghilangkan mual saat mudik di perjalanan, pilihlah posisi nyaman untuk tiap-tiap jenis kendaraan yang Anda pilih.

Jika mual saat naik kapal laut, cobalah untuk meminta duduk di kabin bagian depan atau di bagian tengah. Sedangkan bila memilih untuk naik pesawat, pilihlah kursi di bagian depan, sebelum sayap pesawat.

Lalu, jika memilih untuk naik kereta api, pilih kursi yang menghadap ke depan sesuai dengan arah keberangkatan kereta dan di dekat jendela.

Sementara, untuk menghilangkan mual saat mudik menggunakan mobil, coba sandarkan kepala ke sandaran jok, supaya lebih nyaman selama di perjalanan. Jika duduk di kursi belakang, hindari menatap kursi yang ada di depanmu terlalu lama.

5. Mengobrol dengan orang lain

Jika mudik dengan keluarga, jangan ragu untuk mengobrol dengan anggota keluarga. Itu menjadi salah satu cara ampuh untuk menghilangkan mual saat mudik, karena pikiran jadi teralihkan.

Jika melakukan perjalanan seorang diri dengan moda transportasi umum, tidak ada salahnya berkenalan dengan orang baru, entah itu teman kanan dan kirimu.

Baca juga: Lima Cara untuk Kendalikan Mabuk Perjalanan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com