Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/05/2019, 10:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Menyusui bayi secara langsung dari payudara memang cara terbaik untuk memberikan ASI. 

Namun, karena berbagai alasan terkadang ibu harus menggunakan botol untuk memberikan ASI perah atau pun susu formula.

Agar proses pemberian susu lebih lancar dan nyaman bagi bayi, ketahui tips memilih botol susu.

“Ibu yang bijak tentu paham bahwa memilih botol dan dot susu tidak boleh asal. Ada beberapa yang perlu kita perhatikan, misalnya bentuk dot dan bahan pembuatan botolnya,” kata dr.Margareta Komalasari, Sp.A.

Ia menyarankan untuk memberikan dot yang sesuai dengan bentuk mulut si kecil sehingga sekaligus akan merangsang pertumbuhan rahang dan giginya.

Saat ini juga terdapat dot susu yang dibuat semirip mungkin dengan puting payudara ibu (orthodontic) agar bayi lebih nyaman.

Untuk keamanan, pilih botol susu yang aman dan memiliki label bebas BPA (bisphenol-A) yang berbahaya. 

Baca juga: Kenapa Bau Bayi Sangat Khas dan Menyenangkan?

Saat ini sudah banyak produk botol susu yang sebagian besar terbuat dari plastik yang tidak lagi menggunakan zat kimia yang dapat mengganggu hormon tersebut.

Pilih juga dot susu dengan lubang yang menghadap ke atas untuk mencegah aliran susu keluar jika bayi tidak mengisap, sehingga mencegah bayi tersedak.

Untuk memenuhi keinginan para ibu akan produk yang aman bagi bayi, Baby Huki, merk perlengkapan bayi, kini melengkapi produknya dengan sertifikat halal dari MUI.

“Baby Huki juga memiliki label halal sehingga para ibu jadi lebih tenang untuk memberikan pada si kecil,” kata Business Unit Director Baby Huki, Francisca Puspa Julia dalam siaran pers.

Ia menambahkan, Baby Huki merupakan pelopor botol susu dan dot dengan sertifikat halal dan saat ini menjadi satu-satunya di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com