Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peneliti Ungkap Olahraga Terbaik untuk "Usir" Lemak Perut

Kompas.com - 27/05/2019, 08:45 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tak hanya mereka yang memiliki berat badan berlebih, lemak di area perut juga dianggap "musuh" oleh banyak orang.

Kini, para ilmuwan telah menemukan satu jenis olahraga yang disebut efektif untuk mengusir lemak di area perut.

Riset yang diterbitkan dalam Journal of Sports Medicine and Physical Fitness  menemukan cara terbaik untuk membuat perut menjadi rata.

Untuk mendapatkan hasil akurat, peneliti merekrut 39 peserta untuk melakukan olahraga sebanyak empat kali setiap minggu selama delapan minggu masa riset.

Peserta dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama diminta untuk melakukan latihan kardio dan latihan kekuatan reguler.

Kelompok kedua diminta melakukan dua latihan teratur, dan kelompok terakhir diminta untuk melakukan dua latihan intensitas tinggi (HIIT).

Setelah itu, peneliti melakukan serangkaian tes untuk menilai kemajuan peserta.

Hasil menunjukan, peserta yang melakukan olahraga interval intensitas tinggi berhasil menurunkan berat badan secara keseluruhan.

Mereka juga berhasil menurunkan ukuran lingkar pinggang lebih banyak daripada peserta yang melakukan olahraga konvensional.

Peserta yang melakukan HIIT juga secara signifikan mendapatkan pengurangan kadar lemak visceral.

Lemak visceral ini biasanya bersarang di area perut dan menyebabkan beberapa masalah kesehatan sepertii diabetes tipe 2.

Baca juga: Seberapa Rutin Jalan Kaki untuk Meluruhkan Lemak Perut?

Kabar baiknya lagi, peserta yang melakukan HIIT juga menunjukan peningkatan kebugaran pernapasan kardio, daripada peserta yang melakukan olahraga lainnya.

Menurut peneliti, energi besar yang dikeluarkan untuk melakukan HIIT membuat tubuh berada pada batas absolut yang membuat kita mampu membakar lemak di sepanjang hari.

Oleh karena itu, melakukan HIIT sebanyak empat kali dalam seminggu bisa menjadi cara jitu untuk menyingkirkan lemak di area perut.

Baca juga: Hindari, 6 Kesalahan Umum Saat Melakukan HIIT

Namun, jika kita tak terbiasa untuk melakukakan latihan interval intensitas tinggi, kita bisa menyingkirkan lemak perut dengan memperhatikan asupan makanan yang kita konsumsi.

Beberapa penelitian menunjukkan orang yang makan 10 gram serat per hari, mengalami penumpukan lemak visceral lebih rendah daripada yang lain.

Kita bisa mengonsumsi dua buah apel kecil, secangkir kacang hijau, atau setengah cangkir kacang kedelai dalam sehari untuk mendapatkan perut yang rata.

Tidur yang cukup dan menghindari stres juga bisa membantu mengatasi penumpukan lemak di area perut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com