Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/06/2019, 16:00 WIB
Reni Susanti,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Cerita mudik tidak selamanya enak didengar. Terutama saat perjalanan jauh menuju rumah orang terkasih.
 
Perjalanan mudik yang panjang, membuat seseorang harus duduk lama. Bahkan posisi duduk terkadang kurang nyaman, berdesakan, atau berhimpitan dengan barang.
 
"Belum lagi persoalan jalanan yang padat, polusi. Ditambah harus angkat barang, duduk lama dan kurang nyaman, panas, lapar, lelah, banyak deh.”
 
Begitu ujar Kepala Instalasi Rehabilitasi Medik Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Dr Ellyana Sungkar SpKFR, belum lama ini.
 
 
Untuk itu, sambung Ellyana, diperlukan berbagai persiapan agar tetap bugar saat mudik.

1. Fisik

Bagi Anda yang akan mudik, pastikan fisik dalam kondisi prima. Minimal tidurlah enam jam sebelum melakukan perjalanan.
 
Kemudian persiapkan barang bawaan dengan seksama. Bawa obat-obatan yang rutin diminum.
 
Jika naik motor, gunakan jaket, masker, sarung tangan, sunblock, dan jangan mengenakan rok, untuk kaum perempuan.
 
“Saat mudik sebaiknya gunakan pakaian longgar yang nyaman. Lalu kenakan sepatu ringan atau boot saat mudik di musim hujan,”  tutur dia.

2. Makanan

Ellyana mengingatkan, agar badan tetap bugar saat mudik, konsumsilah makanan dan minuman yang bersih. Sayur dan buah diperbanyak dan diutamakan.
 
Selain itu, siapkan bekal tahan lama selama perjalanan. Siapkan pula minuman manis hangat. Hal lain yang harus diingat adalah jangan terima makanan atau minuman dari orang tak
dikenal.

3. Peregangan

Selama di perjalanan, ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan, yakni istirahat tiap empat jam perjalanan dan hindari menahan buang air kecil.
 
 
Di toilet bisa sekalian cuci tangan dengan air mengalir dan sabun. "Sebaiknya lakukan cuci tangan sesering mungkin,” ucapnya.
 
Pemudik juga bisa memanfaatkan posko kesehatan yang biasanya disediakan di sepanjang jalur mudik. Di sana pemudik bisa melepas lelah dan penat.
 
“Yang tak kalah penting jangan lupa berdoa sebelum berangkat, buang sampah pada tempatnya, dan lakukan peregangan setiap satu jam perjalanan,” tutup dia.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com