Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bercinta Sekali Seminggu Bikin Umur Lebih Panjang, Percaya?

Kompas.com - 09/06/2019, 20:20 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber NDTV

KOMPAS.com - Bagi pasangan suami istri, seks bukan sekadar penambah keintiman dalam rumah tangga.

Ada manfaat luar biasa di dalamnya, seperti menghilangkan stres, memperbaiki kualitas tidur, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kekebalan tubuh dan mempererat hubungan dengan pasangan.

Kini, riset menunjukkan bercinta, setidaknya sekali seminggu, juga membantu memperpanjang usia.

Riset dilakukan oleh peneliti dari University of California, San Francisco. Untuk mendapatkan temuan yang akurat, peneliti menganalisis 129 wanita yang telah menikah dan memiliki anak.

Peserta dalam riset memberikan laporan tentang kepuasan yang mereka dapatkan dalam hubungan dan frekuensi berhubungan seks dengan pasangan.

Peneliti juga mengambil sampel darah dari para wanita untuk menganalisis sel sebagai indikator penuaan.

Dari hasil analisis, terungkap wanita yang melakukan hubungan seksual dengan pasangan setidaknya sekali dalam seminggu memiliki telomer yang lebih panjang.

Telomer merupakan tutup pelindung DNA yang menentukan umur sel. Seiring waktu, kata peneliti, telomer rusak karena pola makan yang buruk, konsumsi alkohol, dan penuaan.

Uniknya, riset membuktikan hubungan seks yang teratur dapat memperbaiki dan memperpanjang telomer. Ini berarti sel hidup lebih lama dan membantu kita lebih awet muda.

Para peneliti mengatakan, telomer yang lebih pendek meningkatkan risiko masalah kesehatan yang serius seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

Sebaliknya, telomer yang lebih panjang dapat membantu mencegah penyakit.

Namun, riset ini dilakukan dalam skala kecil. Jadi, perlu penelitian lebih lanjut agar didapatkan bukti yang lebih akurat.

Riset 2017 yang diterbitkan dalam Archives of Sexual Behavior mengklaim adanya frekuensi ideal untuk berhubungan seks dalam satu minggu.

Berdasarkan data dari 1989 hingga 2014, rata-rata orang dewasa melakukan seks 54 kali setahun atau sekitar seminggu sekali. Namun, angka itu telah sedikit menurun sejak tahun 1990-an.

Baca juga: Berapa Lama Durasi Hubungan Seks yang Ideal?

Riset lain yang diterbitkan dalam Social Psychological and Personality Science juga membuktikan berhubungan seks sekali seminggu dapat meningkatkan kebahagian secara keseluruhan.

Halaman:
Baca tentang
Sumber NDTV
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com