Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membersihkan Kaca dengan Koran Lebih Efektif Ketimbang Kain

Kompas.com - 20/06/2019, 11:00 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Jika sering membersihkan kaca, cermin atau permukan reflektif lainnya, kita mungkin merasa tak pernah bisa membersihkannya dengan sempurna tanpa guratan apapun.

Kemungkinan itu karena alat yang kita gunakan untuk mengelap tidak tepat.

Walau di pasaran banyak dijual kain lap khusus, tapi dalam membersihkan kaca, lembar koran ternyata sangat efektif dan bisa membuat permukaan kaca lebih bersih.

Sama seperti kain lap, koran punya sifat menyerap yang kuat. Jika kertas majalah mengandung material yang bisa membuatnya anti-air, kertas koran hanya memiliki sedikit atau bahkan tidak memiliki kandungan serupa. Hal itu agar tinta yang dicetak pada koran bisa terserap dengan baik.

Karena sifat itulah maka koran punya daya serap yang lebih tinggi, tak hanya dalam menyerap tinta tapi juga cairan lainnya.

Lembar koran memiliki serat yang lebih rapat dan tekstur lebih tebal yang berperan sebagai abrasif ringan, mampu membersihkan kotoran pada permukaan kaca.

Kain lap juga cenderung meninggalkan sedikit residu dan membuat kaca terlihat lebih buram.

Baca juga: Membersihkan Bak Mandi hingga Cangkir, Ini 12 Manfaat Aseton...

Tak perlu khawatir tinta pada kertas koran akan mengotori permukaan kaca. Sebab, kaca adalah material yang licin dan tidak bersifat menyerap sehingga tinta tidak akan melekat pada permukaan material tersebut, seperti jika pada kertas lainnya atau kayu.

Manfaat lainnya memilih menggunakan kertas koran adalah harganya yang cenderung jauh lebih murah, mudah diperoleh dan bisa didaur ulang sehingga kita tak meninggalkan sampah.

Cara paling efektif untuk membersihkan noda pada kaca menggunakan kertas koran adalah menambahkan cairan campuran cuka dan air untuk membersihkan. Kemudian, lap residu yang ada pada permukaan kaca menggunakan kertas koran sebagaimana kita menggunakan kain lap.

Baca juga: Deretan Tanaman Rumah yang Bisa Membersihkan Udara Menurut NASA

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber POP SUGAR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com