Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudahkah Melakukan Tahap Perawatan Kulit yang Tepat?

Kompas.com - 21/06/2019, 19:42 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -Kita mungkin sering mendengar ungkapan, "kanvas (kulit wajah) yang bersih dan sehat juga akan menghasilkan riasan wajah yang baik." Namun, tak semuanya tahu tahapan perawatan wajah yang tepat.

Product representative Spa Essentia, Julia Kawilarang menjelaskan, setidaknya ada lima tahap perawatan kulit yang perlu dilakukan demi kulit yang bersih dan sehat. Nah, sudahkah kamu menjalankan lima tahapan berikut?

1. Membersihkan kulit wajah

Debu dan kotoran memang tak terlalu terlihat, namun sebetulnya menempel pada kulit kita. Membersihkan kulit wajah adalah tahapan pertama dari rangkaian perawatan wajah.

Lakukan pembersihan kulit pagi dan sore atau malam hari menggunakan produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit.

Product representative Spa Essentia, Julia Kawilarang ketika merepresentasikan sepitar perawatan wajah dengan serum di Gaya Spa, Jakarta Selatan, Jumat (21/6/2019).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Product representative Spa Essentia, Julia Kawilarang ketika merepresentasikan sepitar perawatan wajah dengan serum di Gaya Spa, Jakarta Selatan, Jumat (21/6/2019).
Penggunan produk pembersih wajah sangatlah penting. Sebab, kulit akan mengeluarkan lapisan sebum dan keringat sebagai pelindung. Namun, kulit wajah yang kotor membuatnya tak akan keluar, melainkan masuk ke dalam pori-pori wajah. Kondisi ini pada akhirnya bisa memicu munculnya jerawat.

"Jerawat muncul karena kotor, ada debu yang tertinggal (di kulit). Kalau jerawat sudah parah harus pergi ke dokter," kata Julia dalam presentasinya di Gaya Spa, Jakarta Selatan, Jumat (21/6/2019).

2. Menyegarkan kulit wajah

Setelah tahap pembersihan wajah, lanjutkan dengan penggunaan produk penyegar atau yang biasa dikenal dengan nama toner.

Selain sebagai penyegar, toner juga digunakan untuk membersihkan sisa pembersih serta mempersiapkan kulit wajah untuk tahapan perawatan berikutnya, yaitu penggunaan pelembap.

Baca juga: 7 Aturan Membersihkan Wajah Agar Kulit Tak Bermasalah

3. Mengangkat sel kulit mati

Setelah tahapan penyegaran kulit wajah, lakukanlah pengangkatan sel kulit mati dan buka sumbatan pori-pori untuk mencegah timbulnya jerawat. Mengangkat sel kulit mati atau eksfoliasi bisa dilakukan menggunakan krim eksfoliasi atau scrub wajah.

Julia mengingatkan, tahapan ini sangat penting meskipun tidak dianjurkan dilakukan setiap hari.

"Setiap hari akan ada sel kulit mati yang kalau tidak diangkat akan terjadi penebalan," kata wanita yang sudah malang-melintang di bidang spa dan kecantikan selama sekitar 20 tahun itu.

Penebalan pada kulit itulah yang kemudian menyebabkan kulit tampak kusam, tidak bercahaya dan kurang bagus ketika diaplikasikan riasan wajah.

Baca juga: Amankah Eksfoliasi untuk Menghilangkan Sel Kulit Mati?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com