Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Menanggapi Secara Baik ketika Cinta Ditolak?

Kompas.com - Diperbarui 30/01/2023, 06:03 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Alangkah indahnya jika semua orang bisa berpasangan dengan orang yang ditaksirnya. Nyatanya, faktanya tidak demikian. Ada begitu banyak kasus cinta bertepuk sebelah tangan di sekitar kita, atau bisa jadi kita sendiri yang mengalaminya. 

Cinta ditolak adalah hal yang biasa. Karenanya jangan sampai kita larut dalam kesedihan atau terus memupuk harap untuk memilikinya.

Pakar hubungan dan etika April Masini menekankan pentingnya merespon dengan baik saat kita mendapatkan penolakan, terutama jika kita masih ingin berteman dengannya.

"Usahakan jangan merespon lewat pesan di ponsel. Tunggu satu atau dua hari dan kemudian telepon dia, temui atau cobalah untuk mendapatkan alasan yang kamu butuhkan," saran dia.

Coba ungkapkan kepada si dia bagaimana perasaan kita, dan jika ingin memberi tahu kekecewaan kita, komunikasikan dengan baik agar hubungan pertemanan tidak rusak.

Mengalami penolakan bukan kesalahan kita. Bahkan, jika itu terjadi saat kita sudah sempat jalan bareng dan kencan.

"Jika ini kita baru melakukan satu kali kecan dengannya, maka itu masih sangat awal dalam hubungan dan kemungkinan penolakannya adalah hal bagus," kata Masini.

Demikian pula halnya jika kita mendapatkan penolakan setelah beberapa kali kencan, jangan terlalu memikirkannya.

"Ingatlah ini tidak selalu tentang Anda - dengan maraknya aplikasi kencan, ada kemungkinan orang yang kita taksir juga kencan dengan banyak orang," ucap Masini.

Ini berarti, hal yang wajar jika kita mendapatkan penolakan. Ada banyak orang di luar sana yang kemungkinan besar akan menjadi jodoh terbaik kita. Jangan takut untuk kembali berkencan ketika sudah merasa siap.

Tergantung pada bagimana penolakan itu terjadi, Masini mengatakan kita boleh saja mencoba untuk menjaga komunikasi dan memahami alasannya.

Baca juga: 12 Hal yang Terjadi Ketika Benar-benar Jatuh Cinta

Jika si dia menolak dengan alasan kita bukan pasangan yang cocok, maka segera move on.

Tetapi jika penolakan itu karena faktor lain, kita masih memiliki kesempatan untuk bersamanya. Misalnya, jika si dia pindah ke daerah lain untuk suatu pekerjaan, itu bukan karena kita. 

Penolakan yang terjadi karena faktor di luar kita, memang bisa jadi isyarat untuk terus berjuang mendapatkannya. Namun, tetap hormati keputusannya. Kita harus merasakan sendiri apakah komunikasi dengannya masih bisa berlanjut atau tidak.

Jika penolakan terjadi karena kencan pertama yang berjalan buruk, kita masih bisa berusaha untuk memperbaiki keadaan. Namun, lakukan itu saat keadaan sudah tenang, mungkin dalam satu atau dua bulan.

Tapi jika si dia tidak tertarik untuk tetap berhubungan, maka hormati keputusan itu, begitupula saat kita berada di posisi sebaliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com