Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/06/2019, 15:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap makanan tentu harus diolah dengan cara yang bersih dan aman. Bukan cuma dimasak dengan suhu yang tepat, proses persiapannya juga penting.

Untuk mencegah keracunan makanan dan kontaminasi bakteri pada makanan kebersihan talenan yang kita gunakan juga perlu diperhatikan.

Bakteri dapat tumbuh subur di tempat-tempat yang tak terduga, termasuk pada talenan yang biasa kita gunakan untuk memasak.

Siapkan talenan atau papan pemotong yang berbeda untuk daging karena segala jenis daging mengandung bakteri, baik daging sapi, unggas atau makanan laut.

Bila kita menggunakan talenan untuk memotong daging, bakteri dapat bertahan di celah-celah talenan meski telah dicuci dengan sabun dan air panas.

Daging yang dimasak dengan suhu yang tepat memang dapat meminimalisir adanya bakteri. Namun, hal ini tak berlaku untuk buah-buahan dan sayuran.

Memotong sayur atau buah dengan talenan yang juga dipakai untuk memotong daging akan menyebabkan kontaminasi silang.

Baca juga: Bahaya Lem Daging dalam Makanan Olahan

Karenanya sediakan dua atau lebih talenan. Satu talenan khusus untuk memotong daging mentah dan yang lain untuk sayur atau buah.

Selain itu, perhatikan juga bahan talenan yang kita gunakan. Talenan kayu mungkin terlihat bagus dan lebih artistik namun memiliki pori-pori yang bisa jadi tempat bersembunyi kuman.

Talenan kayu tidak direkomendasikan untuk memotong daging, sebaliknya gunakan talenan akrilik atau pun kaca.

Talenan kayu sebaiknya hanya digunakan untuk memotong buah, sayur, keju dan roti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com