Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/06/2019, 16:00 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Lifesavvy

KOMPAS.com - Sama seperti pakaian lainnya, bra juga tidak bisa bertahan selamanya. Ada sejumlah alasan yang membuat kita perlu menggantinya dengan yang baru.

Usia penggunaan bra bukan satu-satunya alasan mengapa kamu perlu mengganti bra. Beberapa faktor lainnya, seperti bagaimana cara memerlakukan bra tersebut dan seberapa sering menggunakannya, juga berperan.

Jadi, apa saja tanda-tanda bra lama kita harus diganti dengan yang baru?

1. Tes jari

Jika lebih dari dua jarimu muat diselipkan ke balik tali bra ketika digunakan pada kaitan terkencang, maka kamu perlu menggantinya. Hal itu berarti bra yang kamu gunakan terlalu besar atau terlalu longgar. Tali bra merupakan penyangga utama sehingga harus sangat pas dengan badan.

2. Masalah elastisitas

Ketika bra tidak lagi meregang dan kembali ke bentuk semula dengan benar, maka artinya kamu harus mengganti dengan yang baru. Elastisitas tidak bertahan selamanya dan semakin sering kamu menggunakan bra tersebut, akan semakin cepat kemampuan elastisitas tersebut akan hilang. Rawatlah bra dengan baik untuk memerpanjang masa pakainya.

Baca juga: Fantasy Bra Victorias Secret, Pakaian Dalam Berharga Fantastis...

3. Terlalu kencang

Salah satu masalah yang sering dihadapi adalah bra yang terlalu sempit sehingga tidak nyaman di bagian punggung atau bahu. Jika kamu sudah melonggarkan tali bra semaksimal mungkin dan mengaitkan kaitannya ke bagian paling longgar namun masih tetap terasa mencekik, maka artinya kamu perlu mengganti bra tersebut.

4. Ukuran dan kenyamanan 'cup'

Jika bra yang kamu kenakan memiliki cetakan 'cup' dan bentuknya tak seperti awal saat dibeli, artinya kamu membutuhkan bra baru.

Cetakan 'cup' bra berubah bentuk seiring dengan seringnya dicuci. Usia pakai bra akan semakin pendek jika kamu mencucinya dengan mesin cuci. Jadi, usahakan kamu selalu mencucinya dengan tangan dan tidak meletakannya pada mesin pengering.

5. Kawat keluar dari bra

Jika kawat bagian bawah bra sudah rusak atau keluar dari kain, maka kamu perlu menyingkirkannya. Kamu mungkun bisa menjahitnya kembali, namun tak akan bertahan lama.

Baca juga: Ukuran Payudara Besar Bikin Wanita Malas Olahraga

6. 'Cup' sudah tidak muat

Terlepas dari keadaan fisik bra, 'cup' yang terlalu kecil atau terlalu besar dari ukuran payudaramu sebaiknya tak lagi dipakai. Mungkin ini saatnya bagi kamu untuk membeli bra baru yang ukurannya lebih pas.

Kamu bisa mengukurnya sendiri di rumah atau meminta bantuan pelayan toko untuk menemukan ukuran bra yang sesuai.

7. Kurangnya topangan

Terlepas dari semua faktor yang bisa diidentifikasi, bra yang sudah tidak bisa menopang payudara yang baik perlu disingkirkan. Mungkin kamu sudah menggunakannya terlalu lama atau perawatan yang diberikan kurang baik sehingga memperpendek masa pakainya. Tapi, kamu harus menggantinya dengan yang baru jika membutuhkan dukungan bra yang maksimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Lifesavvy
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com