Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/06/2019, 10:14 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber

KOMPAS.com – Berteman dengan orang yang punya kepribadian introvert saja terkadang sulit, apalagi jika harus berpacaran. Sifat si introvert yang terkenal “dingin”, irit bicara, dan senang menyendiri, memang bisa membuat orang bingung menghadapinya.

Memahami si introvert merupakan langkah awal untuk melakukan pendekatan dengannya. Orang introvert memang butuh waktu sendiri lebih banyak untuk mengumpulkan energi. Berkebalikan dengan ekstrovert yang mendapatkan energi jika berada di tengah banyak orang.

“Salah satu kesalahpahaman adalah orang introvert pemalu. Padahal, di luar sana ada banyak orang introvert yang terbuka dan ramah,” kata konsultan pernikahan Rachel Zar.

Nah, agar hubungan kita lebih mulus dengan Si introvert, simak tips yang bisa diterapkan.

1. Mengenalinya perlahan-lahan

Melihat seorang introvert berdiri sendiri di dalam sebuah acara bukan berarti ia tidak pandai bergaul, namun mungkin saja ia lebih menikmati “gua” yang damai di tengah keramaian.

“Jangan menilai dari jauh. Tanyakan apakah ia ingin ditemani atau tidak. Kita juga tak perlu tersinggung jika ia mengatakan ingin sendiri,” kata Zar.

2. Jangan coba membaca pikiran

Introvert memang membutuhkan banyak waktu untuk sendirian, jadi jangan heran jika ia lebih suka di rumah ketimbang diajak ke acara makan-makan. Singkirkan rasa “baper” dan merasa si dia sudah tak suka lagi bersama kita atau ingin mengakhiri hubungan.

Perasaan yang berbahaya itu menurut Zar biasanya muncul pada hubungan yang baru. Ketimbang berasumsi buruk, ia menyarankan untuk bertanya apakah pasangan butuh bantuan selain ingin sendirian.

Baca juga: Anda Introvert? Begini Cara Promosikan Diri di Dunia Kerja

3. Jangan menghakimi

Kita pasti tidak suka dihakimi, hal ini juga yang dialami oleh Introvert yang mungkin sudah bosan dianggap “terlalu diam” atau orang yang dingin oleh sekitarnya. Dari pada menghakimi atau memberi label yang keliru, coba lakukan kegiatan lain dan lihat perkembangan situasinya.

Lagi pula, walau sudah berpasangan, bukan berarti masing-masing tidak bisa melakukan hobi atau kegiatan sendirian. 

4. Memberi kesempatan

Ternyata orang introvert juga bisa cerewet, namun hal itu sangat menguras tenaga mereka dan tidak bisa lama. Setelah mereka banyak berbicara atau berinteraksi dengan orang lain mereka membutuhkan ruang sendiri untuk mengisi tenaga kembali. Jadi jangan terlalu dipaksakan jika ia tidak ingin berbicara lagi.

Baca juga: Ini Jurus agar Introvert Merasa Nyaman Saat Silaturahim!

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com