Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Perilaku yang Tak Dilakukan Orang-orang Kaya

Kompas.com - 01/07/2019, 16:00 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mungkin kita berpikir bahwa orang kaya bisa membeli apa saja yang mereka inginkan karena harta yang banyak. Hal itu mungkin benar, tapi bukan berarti mereka terus membuang-buang uangnya, kan?

Faktanya, mereka justru bisa saja sangat cermat. Kamu mungkin belum tahu bahwa ada beberapa kebiasaan belanja yang hampir pasti tak dilakukan atau barang-barang yang tak akan mereka beli. Apa sajakah?

1. Belanja impulsif

Bisa membeli barang-barang mewah yang jadi impian banyak orang mungkin memang menyenangkan. Namun, orang-orang kaya justru tidak punya perilaku belanja impulsif seperti orang biasa.

"Jika kamu membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan, dalam waktu dekat kamu harus menjual barang-barang yang kamu butuhkan," kata investor Warren Buffet.

Bukan berarti mereka tidak suka berbelanja barang mewah. Mereka juga membelinya, hanya saja mereka memikirkan betul-betul sebelum mengeluarkan uang untuk itu.

Baca juga: Ini Pekerjaan Tanpa Ngantor yang Bikin Kaya

2. Memberi uang warisan sangat besar

Kita mungkin ingin memberikan harta yang tak ada habisnya pada anak dan cucu agar mereka tak perlu lagi susah seperti kita.

Namun, hal itu justru tak dilakukan oleh kelompok orang terkaya di dunia. Bill Gates dan Mark Zuckerberg, misalnya, keduanya ingin anak-anak mereka menemukan jalannya sendiri untuk bertahan hidup alih-alih hanya bergantung pada kekayaan orangtua.

Mereka justru memberikan sebagian besar hartanya untuk keperluan amal.

3. Channel TV dan game

Orang-orang kaya tidak membuang waktunya duduk di depan televisi sepanjang hari. Itulah mengapa kebanyakan dari mereka tidak membuang uang untuk membeli paket channel televisi atau membeli video game.

Menurut data Nielsen di 2015, orang dewasa dengan pendapatan di bawah Rp 350 juta per bulan cenderung lebih senang mengkonsumsi media hiburan, seperti televisi, video game atau radio, ketimbang mereka dengan pendapatan di atas itu.

Baca juga: Ini 10 Orang Terkaya di Dunia Sepanjang Sejarah

4. Barang mewah

Orang-orang dengan kekayaan miliaran dan triliunan bisa membeli barang mode apapun dari para desainer ternama, namun mereka justru berhati-hati ketika membelanjakan tiap sen uangnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com