Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditemukan, Cara Baru Mengatasi Kebotakan Tanpa Operasi

Kompas.com - 03/07/2019, 06:30 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber DMarge

KOMPAS.com - Menumbuhkan rambut mungkin terdengar sebagai hal mudah dan biasa bagi kebanyakan orang. Namun bagi mereka yang mengalami kerontokan dan kebotakan, hal ini mungkin menjadi hal yang sangat sulit dan luar biasa.

Namun ada kabar baik bagi kamu yang menipis rambutnya. Sebab, sebuah studi terbaru dari para peneliti Amerika mengungkapkan bahwa sel induk manusia bisa menjadi solusinya.

Para peneliti dari Sanford Burnham Prebys Medical Discovery Institute di California menyempurnakan metode yang memungkinkan mereka menumbuhkan rambut melalui kulit tikus menggunakan papilla dermal yang diturunkan dari sel induk pluripoten manusia.

Tes tersebut mengombinasikan sel induk manusia dengan sel tikus sebelum diaplikasikan pada perancah biodegradable. Perancah ini berperan sebagai platform yang mengontrol arah dari pertunbuhan rambut, sambil tetap mendukung integrasi sel induk ke dalam kulit.

"Hasil dari studi terbaru kami mampu mengatasi tantangan teknologi yang kelak bisa digunakan secara nyata," kata Associate professor di Sanford Burnham Prebys' Development, Ageing and Regeneration Program, Alexey Terskikh.

Baca juga: 5 Kebiasaan Untuk Memperlambat Kebotakan

Alexey mengklaim pihaknya memiliki metode yang kuat dan sangat terkontrol untuk menumbuhkan rambut yang tampak natural melalui kulit menggunakan turunan papilla dermal.

Bagi mereka, temuan ini adalah gebrakan pada bidang terapi penumbuhan rambut dan obat-obatan regeneratif.

Temuan yang dipresentasikan di International Society for Stem Cell Research (ISSCR) di Los Angeles itu juga mendapatkan pujian dari ahli bedah plastik kosmetik dan rekonstruksi wajah, Dr Richard Chaffoo.

"Kerontokan sangat berdampak pada kehidupan orang-orang yang mengalaminya. Bagian signifikan dari praktik yang kami lakukan melibatkan baik laki-laki maupun perempuan yang mencari solusi untuk rambut mereka," kata Chafoo.

Kita mungkin mendengar ada banyak solusi mahal untuk mengatasi kebotakan, seperti bank rambut atau transplantasi rambut konvensional. Namun, prosedur baru ini cenderung minim invasif dan lebih terjangkau. Mengapa bisa demikian?

Sebab para peneliti mengatakan ada pasokan sel induk yang tak terbatas dalam tubuh manusia yang bisa diturunkan dari donasi darah sederhana.

Percobaan yang memadai terhadap manusia dengan prosedur ini mungkin masih membutuhkan waktu hingga beberapa tahun, namun potensi untuk mengatasi masalah kerontokan rambut memperlihatkan titik cerah.

Selain itu, prosedur penumbuhan rambut dengan induk sel ini bisa jadi merupakan metode yang paling menjanjikan dan terjangkau.

Baca juga: Lakukan 7 Hal Ini untuk Mengatasi Kebotakan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber DMarge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com